Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persaingan Harga Tiket Bus Suites Class, Double Decker dan Super Top Jakarta–Solo

Kompas.com - 28/01/2021, 13:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian menggunakan bus saat ini memang menjadi sebuah alternatif dari pesawat. Bus AKAP zaman sekarang sudah menyajikan kenyamanan serta kecepatan yang lebih baik dibanding zaman dahulu.

Bagi yang ingin melakukan perjalanan lewat jalur darat dan nyaman, bisa memilih bus dengan kelas eksekutif.

Beberapa PO bus juga menyediakan armada Suites Class, Double Decker bahkan dengan kursi spesial yang nyaman.

Berikut ini sudah Kompas.com kumpulkan beberapa PO bus dengan trayek JakartaSolo dengan kelas pelayanan yang mewah.

Beberapa PO tersebut adalah PO Raya dengan kelas Super Top, lalu ada Sinar Jaya dengan Suites Class dan ada Agra Mas, Putera Mulya, Harapan Jaya dan Rosalia Indah dengan bus Double Deckernya.

Baca juga: Kabar Terbaru, Dovizioso Siap Gantikan Marc Marquez

Bus AKAP PO RayaKompas.com/Fathan Radityasani Bus AKAP PO Raya

PO Raya dengan kelas layanan Super Top memiliki harga tiket Rp 330.000. Dengan harga itu, penumpang sudah mendapatkan servis makan. Namun yang menjadi ciri khasnya adalah penggunaan kursi bekas pesawat.

Kursi bekas pesawat ini sangat nyaman dan lebar, dilengkapi dengan sandaran tangan dan kaki. Kemudian untuk Super Top juga hanya diisi 18 kursi dengan konfigurasi 2-1. Karena hanya diisi sedikit, ruang kaki penumpang jadi sangat lega.

Kemudian ada PO Sinar Jaya dengan bus Suites Class yang memiliki tarif Rp 300.000. Hal yang spesial dari unit Suites Class adalah kursinya yang bisa direbahkan 150 derajat dan kaki yang bisa selonjor sehingga membuat penumpang nyaman.

Baca juga: 3 Detik Penyelamat Hidup, Wajib Dipahami Pengguna Jalan Tol

bus suites classKompas.com/Fathan Radityasani bus suites class

Bentuk kabinnya juga unik, terpisah setiap penumpangnya dan memiliki fasilitas Audio Video On Demand (AVOD) di semua bangkunya. Fasilitas yang diberikan juga berupa kopi dan teh gratis serta servis makan.

Berikutnya untuk bus tingkat, PO Agra Mas dan Putera Mulya memiliki dua kelas pelayanan saja dalam armadanya. Untuk dek bawah, dihargai Rp 345.000 untuk Agra Mas dan Rp 325.000 untuk PO Putera Mulya.

Sedangkan untuk dek atas, PO Agra Mas membanderol Rp 245.000 untuk tiketnya dan PO Putera Mulya Rp 225.000. Dek bawah lebih mahal karena penggunaan kursi yang lebih lebar dengan susunan 2-1, sedangkan di atas susunan kursinya 2-2.

Double decker tentreminstagram/karoseritentrem Double decker tentrem

Sedangkan PO Harapan Jaya dan Rosalia Indah memiliki tiga kelas pelayanan dan yang paling mewah menggunakan sleeper seat. Kemudian dua kelas lagi yaitu ada di dek bawah dengan susunan kursi 2-1 dan di dek atas dengan kursi 2-2.

Secara berurutan dari kelas paling mewah, PO Rosalia Indah membanderol Rp 350.000, Rp 270.000 dan Rp 225.000. Sedangkan Harapan Jaya menghargai tiketnya dari Rp 455.000, Rp 335.000 dan Rp 235.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com