Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama MotoGP 2020 di 3 Sirkuit Ini Paling Banyak Pebalap Terjatuh

Kompas.com - 19/12/2020, 13:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam satu musim, kejadian pebalap terjatuh jumlahnya bisa sangat banyak. Untuk MotoGP 2020, tercatat ada 722 kasus pebalap terjatuh dalam belasan seri yang digelar.

Tiap tahunnya, MotoGP selalu merilis data statistik mengenai kasus pebalap terjatuh. Tahun ini, jumlahnya menurun cukup jauh dibanding 2019.

Baca juga: Alex Marquez Tidak Sabar Jajal Sirkuit Baru di MotoGP 2021

Dikutip dari Speedweek.com, tahun lalu, jumlah kasus pebalap terjatuh mencapai 971. Tahun ini, menurun menjadi 722.

Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).Dok. Twitter MotoGP Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Dari sekian banyak sirkuit yang digunakan untuk balapan, tercatat paling banyak pebalap terjatuh di Sirkuit Le Mans, Prancis. Total ada 100 kali pebalap terjatuh.

Paling banyak terjadi di tikungan 3, yang mencatatkan ada 30 kali pebalap terjatuh di sana. Penyebabnya adalah jadwal yang diundur karena adanya pandemi.

Sehingga, saat penyelenggaraan MotoGP Le Mans, Prancis sudah memasuki musim dingin. Dengan begitu, sulit bagi pebalap untuk membangun temperatur yang ideal pada ban agar mendapat cengkraman yang baik.

Baca juga: Terget Petronas Yamaha di MotoGP 2021, Menang 3 in 1

Sirkuit Catalunya menjadi sirkuit kedua yang mencatatkan banyak pebalap terjatuh dengan total 64 kasus. Di tempat ketiga, ada Sirkuit Valencia dengan 61 kasus. Penyebabnya sama, yakni bergesernya jadwal dan sudah memasuki musim dingin.

Sedangkan sirkuit yang paling sedikit mencatatkan pebalap terjatuh justru di sirkuit yang baru, yakni Sirkuit Portimao. Hanya terjadi 32 kasus pebalap terjatuh.

Untuk pebalap dengan jumlah jatuh terbanyak, dicatatkan oleh Johann Zarco dengan total 15 kali selama satu musim ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com