Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memelihara Motor Matik, Wajib Perhatikan 3 Komponen Utama Ini!

Kompas.com - 04/12/2020, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain penggantian oli secara rutin, perawatan pada sepeda motor masih banyak lainnya. Pada skutik, ada tiga komponen penting yang perlu diperhatikan secara khusus.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, ketiga komponen tersebut ada pada transmisi otomatis atau CVT (Continuously Variable Transmission), yakni V-belt, roller, dan kampas kopling.

Baca juga: Sudah Tahu Fungsi Tonjolan Hitam di Bagian Belakang CVT Skutik?

"V-belt berfungsi sebagai penghubung pulley primer dengan pulley sekunder. Komponen yang satu ini dapat putus jika sudah menempuh jarak tertentu. Sebaiknya, diganti setiap 50.000 km," ujar Ade, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.Ghulam/Otomania CVT skutik Yamaha yang sedang dibongkat untuk bisa mendapat perbaikan.

Ade mengatakan, V-Belt yang tidak terawat dapat menyebabkan masalah dan bahaya saat motor sedang melaju di jalan.

"Roller juga tak kalah penting untuk dirawat. Meskipun bentuknya kecil, tapi fungsinya cukup besar. Roller pada skutik terdiri dari beberapa buah. Jika rusak satu roller, maka sebaiknya diganti semuanya," kata Ade.

Baca juga: Catat, Daftar Part yang Perlu Diganti pada Skutik Usia 5 Tahun Lebih

Menurut Ade, roller yang rusak dapat diketahui dari terdengarnya bunyi atau suara berisik di dalam CVT bagian depan.

Terakhir, yautu kampas kopling. Penting untuk memerhatikan ketebalannya. Jika sudah di bawah batas servis akan sangat berbahaya apabila tetap digunakan. Sebab, dapat berpotensi merusak komponen CVT lainnya, seperti mangkok kopling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com