Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Borlindo Rilis Dua Bus Baru dari Karoseri New Armada

Kompas.com - 26/11/2020, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Borlindo asal Sulawesi baru saja merilis dua bus baru dari karoseri New Armada. Dua bus ini menggunakan bodi Evolander SHD yang dipasangkan dengan sasis Volvo B11R.

PO Borlindo memang terkenal dengan bus yang memakai sasis premium. Belum lagi unit Evolander SHD milik PO Borlindo ini memiliki keunikan dibanding model Evolander pada umumnya.

Jika dilihat sekilas, bus dengan kelir putih dan livery biru dan putih ini terlihat lebih besar daripada biasanya. Tampilan yang terlihat besar ini sengaja dibuat sesuai pesanan khusus PO Borlindo.

Baca juga: Efek Buruk Motor Sering Pakai Standar Samping Saat Parkir

Bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Bus AKAP PO Borlindo

Development Design New Armada Deddy Hermawan mengatakan, permintaan PO Borlindo yaitu bagasi yang lebih tinggi dan model kaca samping yang dibuat lebih ramping.

“Sepertinya kostumer ingin jual bagasi atau daya muatnya jadi keunggulan. Ukuran kaca yang lebih sempit karena lantainya yang lebih tinggi. Kekurangannya pandangan samping jadi sempit,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Rabu (25/11/2020).

Namun tampilan eksterior, terutama dari samping malah terlihat seperti bus yang sangat tinggi. Melihat bodi yang lebih tinggi lalu dengan bentuk kaca samping yang tipis, membuat kesan bus yang sangat besar.

Baca juga: Honda CR-V Rebut Takhta Medium SUV Terlaris pada Oktober 2020 dari Almaz

Kabin bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Kabin bus AKAP PO Borlindo

Sales Executive New Armada Jatibaru, Gerry Adrian mengatakan, susunan kursi di kabinnya juga mengikuti tren jaga jarak, memakai model 1 di kiri, 1 di tengah dan 1 di kanan (1-1-1).

“Betul komposisinya 1-1-1 dan pakai leg rest. Total kursinya bisa 27 sampai 29 seat, bisa diubah-ubah. Di dalamnya tidak ada toilet,” ucap Gerry kepada Kompas.com.

Kembali ke bagian luar bus, ada pelindung besi yang ada di bagian atas kaca bus ini. Jika biasanya di bus Sumatera fungsi tameng ini untuk menghindari lemparan batu, berbeda dengan bus untuk di Pulau Sulawesi ini.

Kabin bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Kabin bus AKAP PO Borlindo

“Fungsinya melindungi kaca atas. Jalur Sulawesi Selatan kan lewat hutan, belum ada tol. Sengaja dibuat kecil biar pandangan penumpang ke depan tidak terganggu,” kata Gerry.

Memang benar, walaupun mengadopsi model double glass, pandangan ke depan tidak terhalang oleh pelindung kaca. Begitu juga sekat antara kaca atas dan bawah yang bentuknya tipis, membuat pandangan penumpang luas ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com