Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Ganti Handgrip Motor, Malah Bikin Enggak Nyaman

Kompas.com - 03/11/2020, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHandgrip motor merupakan komponen yang bisa diganti dan relatif mudah, juga murah. Biasanya hal ini dilakukan seiring dengan memodifikasi motornya, agar mendukung penampilan motor sesuai konsep modifikasi.

Secara materialnya, handgrip motor terbagi menjadi dua, ada yang dari karet dan juga dari metal atau besi. Namun demi menunjang kenyamanan saat berkendara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengganti handgrip motor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani mengatakan, pilih hand grip yang tidak licin saat kondisi basah dan cari juga yang terasa nyaman.

Baca juga: Menu Mobil Bekas Rp 80 Jutaan per November, Ada Sigra, Calya, sampai BMW

Produk aksesori handgrip merek 7egen yang disediakan toko JDM Project Kalimalang. Ghulam/Otomania Produk aksesori handgrip merek 7egen yang disediakan toko JDM Project Kalimalang.

“Yang biasanya licin saat basah yaitu dari bahan metal namun tidak bergerigi, motifnya hanya garis-garis tipis. Jika tidak memakai sarung tangan ketika hujan, jadi agak licin digenggam,” ucap Agus kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Agus mengatakan, model handgrip yang bergerigi dan terbuat dari metal biasanya membuat tangan jadi kurang nyaman. Apalagi jika bagian geriginya seperti segitiga polanya, jika motor kena hentakan lubang, tangan jadi sakit.

Baca juga: Harga SUV Ladder Frame Bekas, Ford Everest Lebih Murah dari Fortuner

“Kalau yang bahan karet masih aman, fleksibel ketika ditekan. Bahkan jika menggunakan sarung tangan, akan semakin lengket digenggam,” kata Agus.

Namun kekurangan dari handgrip karet ini yaitu jika tidak pas ukurannya, jadi mudah lepas atau kendur. Jadi dari dua bahan ini, bisa memilih mana yang akan dipasang ke motor kesayangan. Mau yang keren dari metal atau nyaman dari karet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com