Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Turbo Racikan Spoon, Tenaga Honda Civic Meningkat Dua Kali Lipat

Kompas.com - 03/09/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Civic bisa dibilang merupakan salah satu model legenda di dunia otomotif. Dibandingkan beberapa pesaingnya, Civic terkenal sebagai mobil kencang yang berorientasi kepada pengemudi.

Di Indonesia, Civic terakhir kali mendapat penyegaran pada Februari 2020. Lebih tepatnya lewat kemunculan Civic Hatchback RS.

Mobil ini menawarkan desain yang lebih sporty dan dinamis ketimbang varian terdahulu. Namun urusan mesin, masih menggunakan unit yang sama dengan model sebelumnya dan milik Civic tipe sedan.

Baca juga: Lebih Canggih dan Mewah, Honda Siapkan Odyssey Baru

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Di balik kap mesinnya, terdapat unit 1.500 cc VTEC Turbo DOHC bertenaga 173 ps dan torsi 220 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT.

Buat Anda yang kurang puas dengan performa mesin standar, mungkin akan tertarik dengan modifikasi yang ditawarkan Spoon Sports.

Dilansir dari Headlightmag, rumah modifikasi khusus Honda ini telah merilis turbo baru untuk Civic generasi kesepuluh. Turbo racikan Spoon ini dapat meningkatkan tenaga hingga 100 dk dan torsi sekitar 200 Nm.

Baca juga: Kisaran Biaya Kepemilikan Mazda CX-30, Servis hingga Pajak Tahunan

Ilutrasi piranti Turbo buat Honda Civic keluaran Spoon Sportsheadlightmag.com Ilutrasi piranti Turbo buat Honda Civic keluaran Spoon Sports

Menariknya turbo kit ini memiliki ukuran yang relatif sama dengan model standar. Sehingga modifikasi yang dibutuhkan saat pemasangan tidak terlalu banyak.

Secara teknis, diameter kipas turbin turbo ini meningkat dari 37 mm menjadi 40 mm. Ukuran baling-baling masuk juga meningkat dari 46 mm menjadi 49 mm. Serta jumlah sirip turbo bertambah, dari 9 menjadi 11.

Hasilnya, tenaga mesin Honda Civic 1.500 cc turbo versi Jepang yang diuji coba mengalami peningkatan menjadi 275 dk dan torsi maksimal 414 Nm.

Baca juga: Kendaraan Khusus Pengangkut Karyawan di Area Tambang, Manhauler

Honda Civic Hatchback RSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Civic Hatchback RS

Untuk diketahui, pengetesan ini dilakukan kepada Civic 1.500 cc turbo bertransmisi manual 6-percepatan. Kabarnya untuk varian otomatis akan memiliki tenaga yang lebih kecil.

Meski begitu, turbo kit ini cocok dipasang di hampir semua varian Civic generasi kesepuluh. Mulai dari Civic Hatchback (FK7), Civic Sedan (FC1), hingga Civic Coupe (FC3).

Apabila Anda tertarik, turbo kit keluaran Spoon Sports dapat dibeli dengan harga 250.000 yen atau setara Rp 34 jutaan. Angka ini belum termasuk ongkos kirim, pajak impor, dan biaya pemasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com