Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Social Distancing dari PO Shantika, Formasi Kursi 1-1-1

Kompas.com - 25/08/2020, 13:03 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus dengan konsep social distancing saat ini semakin marak. Misalnya milik perusahaan otobus (PO) Shantika asal Jepara yang mengubah dua unit busnya menjadi social distancing bus.

Kedua bus milik PO Shantika ini menggunakan bodi Legacy SR2 HD Prime dari karoseri Laksana. Ubahan konfigurasi yang semulanya 2 di kanan dan 1 di kiri menjadi 1-1-1 dilakukan oleh karoseri Laksana.

Berbeda dengan social distancing bus yang pertama kali diluncurkan karoseri Laksana, bus dari PO Shantika ini hanya mengubah konfigurasi kursinya, bukan bodi yang dibuat dari baru.

Baca juga: Jangan Norak, Pakai Lampu Hazard Saat Berjalan Lurus di Persimpangan!

 

“Jadi bus datang ke karoseri dengan kabin yang kosong, enggak ada kursinya. Kemudian dipasang rel kursi tambahan yang di tengah, semua kursinya baru,” kata Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bus dengan trayek Parung-Jepara ini memiliki julukan Osaka dan Toyama. Awalnya bus ini masuk ke kelas pelayanan super eksekutif karena konfigurasi kursinya yang 2-1. PO Shantika sendiri menamai kelasnya sebagai Diamond Class.

“Dengan konfigurasi 1-1-1, sekarang jumlah kursinya menjadi 21 seat,” ucap Werry.

Baca juga: Awas Telat, Masa Dispensasi Perpanjangan SIM Berakhir 31 Agustus

Diamond class dari PO Shantika ini juga memiliki fasilitas yang nyaman. Setiap kursinya dilapis bahan kulit dan adanya colokan USB untuk mengisi daya telepon genggam.

Kursi yang digunakan juga lebar, memiliki sandaran tangan dan kaki sebagai penunjang kenyamanan.

Werry mengatakan, PO Shantika kembali menambah dua unit untuk dijadikan social distancing bus. Nampaknya bus dengan konsep ini semakin diminati lantaran jarak antar penumpang yang lebih besar sehingga bisa mengurangi penyebaran virus Covid-19.

“Selain PO Shantika, PO Sumber Alam juga kembali membuat satu bus social distancing di karoseri Laksana. Modelnya sama dengan yang awal diluncurkan sebagai social distancing bus,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com