Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binder Juara di GP Ceko, Zarco Tidak Menyesal Tinggalkan KTM

Kompas.com - 10/08/2020, 16:35 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BRNO, KOMPAS.com - Johann Zarco mengatakan tidak menyesal akan keputusannya pindah dari tim pabrikan Red Bull KTM. Meski pada GP Ceko kemarin, Brad Binder berhasil meraih juara pertama.

Zarco yang pindah dari KTM musim lalu itu mengatakan tidak menyesal meski akhirnya KTM terbukti kencang. Pebalap Perancis itu mengatakan dia pindah karena memang tidak bisa tampil cepat bersama KTM.

Baca juga: Asal Tambah Oli pada Mobil Bisa Bikin Mesin Jebol, Mitos atau Fakta?

"Tidak, saya tidak menyesal meninggalkan KTM. Pada 2019 saya sangat kesulitan dan saya butuh hal baru terutama untuk diri sendiri. Saya merasa butuh hal yang lebih, meski saya berusaha menerima tapi itu bukan yang saya mau," kata Zarco mengutip GPOne, Senin (10/8/2020).

Pemenang MotoGP Ceko 2020, Brad Binder, dari tim Red Bull KTM Factory.AFP/JOE KLAMAR Pemenang MotoGP Ceko 2020, Brad Binder, dari tim Red Bull KTM Factory.

Sebelum meninggalkan KTM, Zarco mengatakan sudah mengungkapkan keinginannya kepada KTM. Bahkan soal keputusannya meninggalkan KTM sebelum kontraknya berakhir.

"Saya juga sudah jujur dan terbuka kepada KTM, saya bilang ke mereka bahwa saya lebih baik berhenti daripada jadi lambat dengan motor mereka," katanya.

Zarco mengatakan pindah ke Ducati ialah hal tepat. Meski di tim satelit, Zarco mengatakan dia kembali merasakan getaran saat dia masih di Moto2. Kelas di mana dia berhasil juara dunia dua kali.

"Saya tidak tahu ya, orangnya, tim, dan motornya. Ducati cepat memberikan saya kepercayaan diri, di Sepang, Malaysia saya mulai balapan dengan gaya menekan," katanya.

Johann Zarco Johann Zarco

Adapun untuk KTM dan Binder, Zarco mengatakan sangat senang dan memberikan selamat untuk keduanya. KTM berada di arah yang benar dan Binder merupakan masa depan yang sangat bagus.

"Saya senang untuknya dan untuk KTM. Dia mampu melalukan hal yang tidak mampu saya lakukan musim lalu. Mereka membuat langkah besar pada motor sepanjang musim dingin," katanya.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham, Ini Fungsi Parking Brake Lock pada Motor

Zarco mengatakan Binder punya keunggulan yang tidak dimiliki pebalap KTM lain termasuk dirinya. Binder datang sebagai talenta baru yang segar. Pebalap Afrika Selatan itu tidak punya ekspektasi berlebih.

"Dia datang dengan pikiran yang segar, tanpa pernah mengendarai motor lain sebelumnya, dan ini membantunya untuk melakukan hal yang benar," kata Zarco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com