Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Bodi Mobil yang Sudah Dilapisi Wax di Rumah Aja

Kompas.com - 07/05/2020, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.comMerawat bodi mobil dengan cara auto detailing dan waxing banyak dilakukan oleh pemilik kendaraan. Bodi mobil yang sudah dilapisi wax akan terlihat bersih, tampilannya terlihat seperti mobil baru.

Mumpung di rumah aja, bisa dengan melakukan waxing agar tampilan mobil tetap segar. Fungsi dari waxing itu sendiri sebenarnya untuk menjaga kualitas dari hasil cuci, agar bodi mobil tetap kinclong. Setelah dilakukan waxing, bagaimana cara merawatnya agar tetap terjaga maksimal?

Chocky, pemilik dari Autodeptsideworks, Meguiars Indraprasta Bogor, mengatakan, merawat mobil yang sudah dilapisi wax, paling penting yaitu jangan sampai kena air hujan.

Baca juga: Begini Bocoran Tampang Suzuki Wagon R Terbaru

Berkendara di saat hujanKompasOtomotif Berkendara di saat hujan

Air hujan yang jahat sebenarnya, karena bisa membawa debu yang menempel di bodi mobil,” ucap Chocky kepada Kompas.com belum lama ini.

Kalau bodi terkena air hujan, ada cara yang mudah untuk menghilangkannya. “Cara mudahnya disiram saja pakai air bersih jangan langsung dilap, dibiarkan dulu sampai kotorannya turun dan disemprot lagi dengan air yang kencang baru bodi di lap pakai microfiber,” kata Chocky.

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah, Gigi Mobil Matik Sebaiknya di D atau N?

Treatment yang salah ketika mengelap yaitu ketika disiram langsung di lap secara bersamaan. Kalau melakukan hal tersebut bisa menyebabkan scratch yang lebih dalam dan membuat bekas cat seperti sarang laba-laba.

Kalau proses waxing jangan di bawah sinar matahari, berbeda dengan bodi mobil yang sudah di waxing. Ketika sudah di waxing, bodi mobil malah lebih bagus jika terpapar sinar matahari.

“Kembali ke tekstur bodi mobil itu kan cat, jika di bawah sinar matahari akan membuat pori-pori cat terbuka dan wax menyerap dengan baik ke bodi mobil,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com