Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Kerek Harga Seluruh Model Andalan Berdalih BBN

Kompas.com - 07/04/2020, 08:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyampaikan rencana kenaikan banderol seluruh model andalan di pasar otomotif domestik Indonesia. Kenaikan harga bakal dilakukan pada April 2020 dengan kisaran yang bervariasi.

Menurut Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADAM, revisi dilakukan bukan karena imbas pagebluk atau wabah virus corona (Covid-19), melainkan untuk menyesuaikan tarif Bea Balik Nama (BBN).

"Kenaikan pada April untuk menyesuaikan BBN karena saat ini tabelnya sudah keluar. Waktu Januari, kenaikan kita lebih sedikit dari yang harusnya dibebankan ke konsumen, yang sekarang dapat harga pajak yang baru," ucap Amel kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Baca juga: Daftar Mobil Bekas di Bawah Rp 50 Jutaan, Mulai Panther Hingga Corolla

Amel menjelaskan kenaikan harga melalui tabel BBN pada April ini bervariasi, masing-masing model mengalami revisi yang berbeda.

Tampang Daihatsu Sigra facelift mulai terkuakFacebook.com/Rinaldi Jordan Tampang Daihatsu Sigra facelift mulai terkuak

Untuk MPV murah alias low multi purpose vehicle (LMPV) Xenia, naik Rp 2,1 juta dari harga sebelumnya. Sementara untuk SUV murah, Terios, naik Rp 1,5 juta.

Sedangkan untuk Sigra yang bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan alias LCGC tujuh penumpang, naik Rp 1 juta. Jumlah itu pun turut berlaku bagi Gran Max dan Luxio.

Ketika ditanya soal dampak melemahnya rupiah terhadap dollar AS, Amel tak menampik bila ke depan akan ada kenaikan lagi. Namun, belum diputuskan.

Baca juga: SUV Diesel Bekas di Bawah Rp 200 Juta, Pilih Fortuner atau Pajero Sport?

Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka

"Kenaikan saat ini penyesuaian BBN, bukan dollar AS. Kalau skenario dollar AS masih di Rp 16.000-an, ada kemungkinan harga naik lagi, tapi sekarang masih terlalu dini karena belum satu bulan, kita amati di April sampai bulan berikutnya dulu," ucap Amel.

Bila banderol Xenia naik Rp 2,1 juta, artinya untuk varian tertinggi akan dipasarkan menjadi Rp 237,05 dari Rp 234,55 juta. Sementara Terios Custom AT yang menjadi versi tertinggi dijual Rp 264,4 juta, dan Sigra 1.2 R AT menjadi Rp 161,25 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com