Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spring Over Axle, Bikin Jimny Tambah Jangkung

Kompas.com - 19/01/2020, 17:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara meninggikan mobil Jimny adalah dengan melakukan Spring Over Axle (SPOA). Pada awalnya suspensi daun di Jimny memiliki posisi di bawah gardan depan dan belakang, dengan SPOA, dudukan suspensi dipindah ke bagian atas gardan.

Melakukan SPOA dapat meninggikan mobil 4-6,5 inci. Namun prosesnya tidak semudah penjelasannya, harus dikerjakan oleh tenaga profesional.

Dennis Emmanuel, pemilik dari bengkel modifikasi dan restorasi Jimny MMC 4X4 di Jakarta Selatan mengatakan banyak hal yang harus dirubah seiring dengan perubahan posisi per tersebut.

“Untuk melakukan hal tersebut, banyak hal yang harus dirubah dan melakukan banyak penyesuaian. Penyesuaian yang dilakukan juga tidak bisa asal, harus dihitung secara teliti,” ucap Dennis kepada Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Baca juga: Tips Anti-Kantong Jebol buat yang Ingin Bangun Suzuki Jimny

jimny spoaKompas.com/Fathan Radityasani jimny spoa

Bengkel MMC 4X4 melakukan konversi SPOA yang mengganti 34 suku cadang yang baru dan kustom. Bengkel MMC juga memiliki dua paket konversi SPOA, stage 1 dan stage 2, yang membedakan adalah merk per daun dan dampers nya.

Parts yang diganti ada 34 item, baru dan kustom. Untuk stage 1 menggunakan per daun OEM dari Suzuki Genuine Part (SGP) dan dampers dari Kayaba Excel-G. sedangkan stage 2 menggunakan per daun premium merek Old Man Emu (OME) Medium dengan 1,5 inci lift up dan dampers merek OME Sport LTR atau Bilstein B6 4600 OR,” ucap Dennis.

Modisikasi SPOA stage 1 menambah tinggi mobil 4-5 inci dan stage 2 bisa sampai 6,5 inci. Stage 1 bisa untuk ban sampai ukuran 30 inci dan stage 2 sampai 31 inci.

Harga dari modifikasi stage 1 berada di Rp 20 juta dan stage 2 sebanyak Rp 33 juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com