Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harley-Davidson Tipe Touring Bisa Turun Harga

Kompas.com - 10/01/2020, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari sekian banyak banyak merek sepeda motor, Harley-Davidson merupakan yang mampu bertahan di Indonesia. Penggemarnya banyak dan memiliki konsumen setia dari kalangan atas.

Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson Jakarta, mengatakan, tahun 2020 diprediksi tahun penuh tantangan dari segi penjualan. Namun tetap optimis sebab H-D tipe touring harganya turun.

Baca juga: Harley-Davidson Sekarang Jadi Mainan Anak Muda

Sahat mengatakan, H-D tipe touring merupakan salah satu model flagship H-D. Harganya mahal tapi konsumennya sangat setia, walaupun saat ini sudah banyak H-D dengan kapasitas kecil yang lebih terjangkau.

Gelaran Indonesia International Biker Gathering (IIBG) 2018 berlangsung pada 29 November hingga 2 Desember lalu di Lapangan Banteng, Kota Medan, Sumatera Utara. Acara ini merupakan gabungan dua event motor berskala nasional yakni Sumatera Bike Week 2018 (SBW), yang merupakan gelaran dua tahunan Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), dan gelaran XTrim Sumatera Xpedition atau X8.IIBG Gelaran Indonesia International Biker Gathering (IIBG) 2018 berlangsung pada 29 November hingga 2 Desember lalu di Lapangan Banteng, Kota Medan, Sumatera Utara. Acara ini merupakan gabungan dua event motor berskala nasional yakni Sumatera Bike Week 2018 (SBW), yang merupakan gelaran dua tahunan Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), dan gelaran XTrim Sumatera Xpedition atau X8.

"Tahun ini masih tahun susah, tapi kita optimis sebab kabar baiknya yaitu tipe touring harganya turun. Tipe-tipe yang cc-nya besar, seperti Ultra Limited, Road Glide Limited, Road King, Street Glide itu sudah diproduksi dari Thailand, jadi pajak impornya turun," kata Sahat kepada Kompas.com, Jumat (10/1/2020).

Sebelum ada pabrik di Thailand, kata Sahat, tiga keluarga H-D yaitu Sportster, Softail dan Touring semua didatangkan dari Amerika Sertikat (AS). Setelah ada pun, pabrik Thailand hanya memproduksi tipe Sportster dan Softail.

Baca juga: Sempat Diragukan, Harley Asal Thailand Diklaim Tuai Respons Positif

Karena itu beberapa konsumen fanatik menunggu tipe touring diproduksi di Thailand. Sebab selain sosoknya yang besar dan tangguh, model flagship seperti ini lebih disukai oleh pemain lama atau yang sudah punya H-D.

"Untuk model Touring, beberapa tipe masih menyentuh Rp 1 miliar atau lebih. Karena itu, teman-teman saya yang sudah punya H-D juga menunggu kapan model Touring juga diproduksi di Thailand," kata Sahat sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com