Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Naikkan Ukuran Ban Motor, Baca Dulu Risikonya

Kompas.com - 23/12/2019, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memodifikasi tampilan sepeda motor ada banyak caranya salah satu yang paling mudah, adalah dengan mengganti ban. Selain praktis, ubahan ini minim biaya dan tidak butuh ubahan macam-macam, tapi juga ada aturannya. 

Mengganti ukuran dari ban standar dengan menaikkan atau menurunkan profil ban, memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing.

Setyo Suyarko, trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, mengatakan, mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar memang masih lebih aman dibanding dengan ban yang lebih kecil.

“Ban yang lebih besar memiliki grip yang lebih baik dibanding dengan ban yang kecil atau ban cacing,” kata Setyo kepada Kompas.com (21/12/2019).

Baca juga: Nitrogen Bisa Tangkis Ban Motor Cepat Kempis di Udara Dingin

Penggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Penggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun.

Dibalik meningkatkan grip, terdapat kekurangan dari menaikkan profil ban motor. Pertama yaitu mengurangi kelincahan dari motor.

“Motor akan terasa berat ketika dibawa bermanuver, karena ukuran ban yang semakin besar, bobot menjadi lebih berat,” ucap Setyo.

Minus yang kedua yaitu performa motor akan terasa menurun. Hal tersebut dikarenakan ban yang berat menambah berat keseluruhan motor sehingga motor terasa lebih berat dibanding sebelum mengganti ban.

Baca juga: Ini Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Selain dari itu, ukuran ban yang lebih besar akan mempengaruhi keawetan spareparts lain seperti rantai dan gear.

“Rantai dan gear akan lebih cepat aus karena ukuran ban yang lebih besar dari standar, ”ucap Setyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com