Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal Penting Sebelum Ganti Ban Motor Ukuran Lebar

Kompas.com - 09/05/2019, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara motor yang beranggapan bahwa menggunakan ban dengan ukuran yang lebih lebar akan memberikan daya cengkram yang lebih kuat. Hal tersebut memang benar, tapi sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Pelek

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lebar pelek. Yanto, Kepala Mekanik dari bengkel custom Katros Garage, mengatakan bahwa menggunakan ban yang lebih lebar akan percuma jika masih menggunakan pelek standar.

Baca juga: Pilih Ban Motor Custom Sesuai Aliran

"Banyak orang yang malas mengganti pelek, karena menurut mereka ukuran yang dipakai masih aman. Padahal, jika hasilnya ingin maksimal tentu lebar pelek harus proporsional dengan lebar ban," jelas Yanto.

Menggunakan ban yang lebih lebar pada pelek standar akan membuat permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Daya cengkram juga jadi berkurang. Tentu hal ini akan menurunkan tingkat keselamatan dan kenyamanan saat di jalan.

Baca juga: Pilihan Ban Depan Honda Forza dan Yamaha XMAX 250

2. Selisih ideal

Kedua, perhatikan selisih yang ideal antara ukuran lebar ban dengan pelek.

"Naik dua tingkat masih aman. Contohnya, pelek standar dengan lebar 2,75 inci, ban standarnya lebar 3 inci. Maka, maksimal ukuran bannya adalah 3,25 inci atau setara dengan 100/90," ucap Yanto.

3. Swing Arm

Jika ukuran ban dan pelek sudah sesuai, Yanto juga menegaskan pentingnya memperhatikan lebar swing arm. "Agar tidak mentok, bisa juga mengakalinya dengan menggunakan swing arm custom," kata Yanto.

4. Rantai

Terakhir, perhatikan jarak bibir terluar ban dengan rantai. Pada skutik biasanya akan bersentuhan dengan sokbreker. Jangan sampai ban dengan rantai atau sokbreker bergesekan, karena akan membuat masing-masing komponen tersebut menjadi rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com