Ini Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Kompas.com - 10/12/2019, 08:22 WIB
Penggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun. KompasOtomotif-Donny AprilianandaPenggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun.
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah yang bisa terjadi pada ban sepeda motor ialah ban aus sebelah. Hal ini bukan semata karena kualitas ban jelek, tapi karena kinerja suspensi yang tidak bekerja maksimal.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, kerja suspensi terutama suspensi belakang sangat berpengaruh pada tingkat keausan ban.

Baca juga: Pilihan Ban Motor Custom Bergaya Tracker

"Kita (IRC) pernah melakukan pengetesan pakai motor bebek. Salah satu suspensi kita buat mati. Hasilnya yang bagian mati yang mati lebih cepat habis. Jadi suspensi memang salah satu faktornya," kata Dodiyanto kepada Kompas.com, Senin (9/12/2019).

Ragam ban motor yang dapat digunakan pengendaraFachri Fachrudin Ragam ban motor yang dapat digunakan pengendara

Lantas bagaimana dengan skutik yang suspensi belakangnya hanya satu. Dodi panggilannya, menerangkan, pada dasarnya juga sama. Jika suspensi tidak berkerja dengan baik, keras atau bahkan mati, maka berpengaruh pada ban.

"Untuk motor matik, suspensi satu pun sama, saat suspensi tidak berjalan baik, efeknya bisa jadi ban abis sebelah. Karena dia tidak ngayun istilahnya," ucap Dodi.

Baca juga: Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

Selain masalah pada suspensi, Dodi mengatakan, faktor lain ban aus sebelah yakni karena pengendara sering berpergian padahal ban kurang tekanan angin. "Bisa juga angin kempes tapi dihajar terus," katanya.

Adapun faktor lainnya yaitu mengenai kembangan ban. Meski ada, tapi tergolong jarang. Dodi mengatakan, pola tapak ban mungkin saja berpengaruh pada tingkat keausan ban, tapi jarang ditemukan.

"Kita pernah temukan partern itu juga berpengaruh. Abisnya ban tidak rata. Tapi kalau IRC kemunginan tidak, sebab kita kan ada tes pemakaian langsung. Motor dipakai dan diajak bolak balik, jadi dilihat," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X