Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Buruk Motor Sering Kehabisan Bensin

Kompas.com - 16/12/2019, 20:05 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi kian populer. Alasannya, karena lebih hemat dan mudah dalam hal perawatan.

Namun bukan berarti motor tidak bisa rusak. Pemilik harus tetap merawat kendaraan, salah satunya jangan terlalu sering telat mengisi bahan bakar.

Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, perilaku ini bisa mengakibatkan fuel pump atau pompa bahan bakar motor rusak. Alhasil, pemilik harus mengeluarkan kocek yang cukup mahal untuk melakukan pergantian.

Baca juga: Sepeda Motor Boleh Masuk Tol, tapi dengan Catatan Ini

Bengkel resmi Honda di Jawa Barat buka setiap hari.DAM Bengkel resmi Honda di Jawa Barat buka setiap hari.

"Jika motor kehabisan bensin, sedikit-banyak akan mempengaruhi usia fuel pump. Sebab, komponen ini fungsinya menyalurkan bensin ke mesin. Jadi kalau sering bensinnya tidak ada, akan berkarat," katanya kepada Kompas.com di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Pada saat bensin habis, jelas Endro, kotoran yang mengendap di dalam tangki motor akan mudah diisap oleh pompa bahan bakar. Sehingga, motor akan mengalami brebet sesaat bahan bakarnya ingin habis.

"Bensin juga menjadi pendingin pompa. Jadi ketika bensin sudah tidak ada, kerja komponen tersebut jadi lebih berat dan cepat panas. Sehingga, timbul kerusakan di sana," ujarnya.

"Maka sebaiknya jika sudah waktunya, langsung saja diisi. Jangan tunggu sampai motor tidak bisa dinyalakan kembali," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com