Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Targetkan Produksi Baterai Kendaraan Listrik di 2023

Kompas.com - 10/12/2019, 18:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki potensi untuk menjadi produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia pada 2023 mendatang.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan, hal ini tercipta karena industri pengolahan dan pemurnian nikel menjadi baterai kendaraan listrik di dalam negeri bakal mulai beroperasi di 2023.

"Kita sudah sampai ke nikel metal, kita kejar sampai masuk baterai di 2023. Jadi sekarang kita sedang kerjakan, sudah masuk stainless steel, carbon steel, sementara baterai kendaraan listrik tiga tahun kemudian (2023)," katanya di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Baca juga: Jokowi Ingin Era Elektrifikasi Dipercepat, Ini Landasannya

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (tengah), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) mencoba Motor listrik Gesit dalam Pameran Kendaraan Listrik Masa Depan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019). Kegiatan tersebut mengangkat tema Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (tengah), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) mencoba Motor listrik Gesit dalam Pameran Kendaraan Listrik Masa Depan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019). Kegiatan tersebut mengangkat tema Menuju Indonesia Bersih Udara dan Hemat Energi dengan Kendaraan Listrik.

Menurut Luhut, kebutuhan baterai kendaraan listrik akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penggunanya, dan didukung oleh berbagai kebijakan untuk menghentikan penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil pada 2025.

"Kami berkoordinasi dengan GEM dan CATL (Contemporary Amperex Technology Ltd) untuk membangun pabrik baterai lithium ini. Kita harus cepat karena peluangnya besar," kata dia.

Adapun lokasi pabrik baterai untuk kendaraan listrik sendiri, direncanakan akan berada di Patimban, Jawa Barat. Perusahaan baterai asal China, GEM Co Ltd, berharap trial production bisa dimulai Agustus 2020.

Baca juga: PLN Juga Akan Produksi Baterai Kendaraan Listrik

Pengemudi melakukan pengisian daya listrik pada armada taksi E-Silverbird di Mampang, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Bluebird saat ini telah mengoperasikan armada taksi listriknya sebanyak 25 unit E-Bluebird dan 5 unit E-Silverbird. Pengoperasian ini merupakan upaya perusahaan untuk melakukan inovasi dengan merespons perkembangan teknologi kendaraan listrik sebagai armadanya.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi melakukan pengisian daya listrik pada armada taksi E-Silverbird di Mampang, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Bluebird saat ini telah mengoperasikan armada taksi listriknya sebanyak 25 unit E-Bluebird dan 5 unit E-Silverbird. Pengoperasian ini merupakan upaya perusahaan untuk melakukan inovasi dengan merespons perkembangan teknologi kendaraan listrik sebagai armadanya.

Keunggulan Indonesia

Indonesia memiliki keunggulan untuk menjadi produsen besar baterai kendaraan listrik. Beberapa diantaranya ialah sumber daya nikel yang cukup banyak dan biaya angkut komoditas lebih murah.

"Kita memiliki keunggulan di sisi geografis juga, mengakibatkan biaya angkut lebih murah dibanding Australia," kata Luhut.

Kini, sudah ada beberapa investor yang tertarik membangun pengolahan bijih nikel menjadi baterai kendaraan listrik. Dua diantaranya ialah GEM dan CATL.

"Dampak dari produksi baterai kendaraan listrik di dalam negeri, kita bisa mengalami defisit neraca berjalan sebesar 31 miliar dollar AS. Ekspor juga akan meningkat cepat dengan ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com