Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Honda Gaet Alex Marquez Jadi Rekan Setim Marc Marquez

Kompas.com - 19/11/2019, 19:36 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash

VALENCIA, KOMPAS.com - Alex Marquez resmi menjadi pebalap Repsol Honda Team untuk musim 2020. Dengan kontrak satu tahun, Alex Marquez berhasil menyisihkan kandidat lainnya, seperti Johann Zarco, Cal Crutchlow, dan Stefan Bradl.

Terlepas dari statusnya yang merupakan adik dari Marc Marquez, Honda Racing Corporation (HRC) memiliki alasan tersendiri mengapa memilih Alex Marquez yang baru saja dinobatkan sebagai juara dunia Moto2 2019.

Baca juga: Marquez Bersaudara Resmi Jadi Rekan Satu Tim di Repsol Honda

Alberto Puig, manajer tim Repsol Honda, mengatakan, proses pencarian pebalap ini sudah dimulai sejak Jorge Lorenzo mengatakan ingin pensiun. Alex terpilih karena performanya di musim ini, dan juga karena usianya yang masih muda.

Alex Marquez resmi bergabung dengan Marc Marquez di Repsol Honda Team. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)JOSE JORDAN Alex Marquez resmi bergabung dengan Marc Marquez di Repsol Honda Team. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)

"Pada dasarnya, kita harus memahami bahwa keputusan diambil terlepas dari hasil yang diraih Alex. Ini adalah prioritas. Maksudnya, gelar juara dunia Moto2 yang diraihnya menjadi nilai lebih mengapa kami mulai meliriknya," ujar Puig, dilansir dari Crash.net.

Puig mengatakan, Honda mencari pebalap untuk masa depan, generasi pebalap muda, dan di luar lingkungan yang membuat Jorge memutuskan untuk berhenti. Jadi, alasan Honda memilih Alex adalah karena juara dunia Moto2 dan usianya yang masih muda.

Baca juga: Ini 3 Nama Calon Pengganti Lorenzo di Repsol Honda

Puig juga menegaskan bahwa pemilihan Alex sama sekali tidak diintervensi oleh Marc. Meski demikian, Marc tetap senang Honda memilih adiknya.

"Jelas sekali jika Alex tidak meraih gelar juara dunia Moto2, kami tidak akan menawarkannya kesempatan ini. Tapi dia menerimanya dan mereka adalah saudara. Jadi, tahun depan kami akan memiliki saudara dan juga rival di saat yang bersamaan," kata Puig.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com