Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren SUV dan Cakupan Harga, BMW X1 Bakal Salip Penjualan Seri 3

Kompas.com - 04/11/2019, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - New BMW X1 dibanderol Rp 739 juta offf the road. Sport Utility Vehicle (SUV) kompak itu pun diprediksi bakal menggusur BMW Seri-3 sebagai tulang punggung penjulan BMW Indonesia.

Bayu Rianto, Wakil Presiden Penjualan BMW Indonesia, mengatakan, saat ini BMW X1 berkontribusi 40 persen dari total penjualan. Tahun depan bakal makin besar sebab harganya yang terpaut jauh dari Seri3.

Baca juga: Ini Spesifikasi Lengkap BMW X1 sDrive18i xLine

"Buat saya bakal lebih banyak X1, sebab orang yang dulu ke Seri 3 bakal menimang lagi beli mobil, apa keuntungan Seri 3, apa keunggulannya dan kenapa harus beli lebih mahal, meski jelas ada fitur yang lebih bagus di Seri 3," kata Bayu belum lama ini.

BMW 320i Sport resmi meluncur di IndonesiaFoto: Bayu Nurpatria BMW 320i Sport resmi meluncur di Indonesia

Bayu mengatakan, peralihan konsumen Seri 3 kepada X1 salah satunya karena harga. Sebab perbedaan harga antara Seri 3 dan X1 saat ini cukup jauh, berbeda dengan Seri3 dan X1 model sebelumnya yang relatif tak beda jauh.

"Perbedaan harga antara X1 dan Seri 3 saat ini cukup lumayan, beda dengan dulu yang tidak terlalu jauh, Seri 3 Rp 745 juta dan juta X1 (2016) Rp 719 juta. Kalau sekarang ini cukup jauh, X1 Rp 739 juta sementara BMW 320i Sport Rp 849 juta," katanya.

Baca juga: BMW Bilang PPnBM Belum Berpengaruh pada Harga Sedan

Turun

Bayu mengatakan, sepanjang semester 1 2019 penjualan X1 sudah mengalahkan Seri 3. Sebabnya model baru Seri 3 yakni 330i M Sport dan 320i Sport baru meluncur pada semester dua.

"Dibandingkan penjualan tahun lalu Seri 3 turun sebab kita mau ganti model, dan saat kita mau ganti model kita sudah jauh hari bicara, dan waktu Juli kita launching kita tahu bakal ada penurunan di semester 1 dan itu di ganti oleh X1," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com