Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Mobil Esemka yang Sudah Siap Meluncur

Kompas.com - 13/08/2019, 17:34 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - President Director PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Eddy Wirajaya, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan resmi mengumumkan kehadiran Esemka di dunia otomotif Tanah Air. Sebagai tahap awal, ada dua produk yang akan sekaligus diluncurkan.

"Kami masih fokus pada pikap untuk komersial, tidak untuk mobil penumpang. Ada dua pikap yang akan kami luncurkan di tahap awal ini, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Keduanya mesin bensin," ucap Eddy kepada saat berbincang dengan beberapa media di Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019).

Eddy menjelaskan pikap dipilih karena sejalan dengan strategi serta visi misi Esemka, yakni untuk menggerakkan perekomonian di daerah-daerah pinggiran. Hal ini dilakukan sekaligus untuk menguji pasar.

Baca juga: Peluncuran Esemka Hanya Tinggal Masalah Waktu

Selain itu, sisi keterjangkauan harga juga menjadi salah satu pertimbangan utama yang membuat kenapa akhirnya dipilih jenis kendaraan pikap ringan sebagai produk yang akan dipasarkan lebih dulu.

- -

Hal ini sekaligus menepis isu mengenai adanya model SUV tujuh peneumpang yang sempat dikabarkan siap untuk meluncur. Menurut Eddy, SUV Garuda itu merupakan proyek Esemka selanjutnya, sementara untuk model kabin ganda Digdaya, juga belum akan diproduksi dan dipasarkan.

"SUV penumpang itu masih lama, kita tahu kompetisi untuk kendaraan penumpang apalagi SUV cukup berat dengan persaingan yang banyak. Kalau yang double cabin, kita juga ada tapi secara harga itu cukup tinggi, jadi kita belum dulu luncurkan," kata Eddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com