Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Motor Populer di Indonesia Tapi Sudah Disuntik Mati

Kompas.com - 01/08/2019, 08:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Entah karena penjualan menurun atau teknologi yang sudah jadul alias ketinggalan jaman, beberapa pabrikan sepeda motor memutuskan untuk menghentikan pemasaran produk unggulan mereka. Berikut ini daftar 10 motor di Indonesia yang populer tapi disuntik mati alias stop produksi.

1. Yamaha Scorpio/Scorpio Z
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pernah memiliki jagoan, yakni Scorpio, yang dibekali mesin 225 cc. Motor sport tersebut dikeluarkan pertama kali tahun 2004, merupakan model yang disiapkan sebagai suksesor RX-King yang juga sudah dihentikan produksinya. 

Lalu di tahun 2006, lahirlah Scorpio Z yang menggantikan versi sebelumnya. Pada 2010, Yamaha melakukan facelift dengan perubahan nyaris total. Respons pasar yang lesu membuat motor ini didiskontinu 2014. Sedangkan, Scorpio masih kerap digunakan penggiat modifikasi buat bahan kreasi, sampai saat ini.

Baca juga: Cerita Ganjar Pranowo Kepincut Scorpio Kustom

Kawasaki Ninja RRwww.kompas.com Kawasaki Ninja RR

2. Kawasaki Ninja 150RR

Motor yang kerap disebut dengan Ninja RR ini pertama kali lahir 1996. Merupakan Ninja RR yang dibekali dengan mesin 150 cc, 2-tak, dan masih relatif laris sampai tahun terakhirnya diproduksi pada 2014. Tapi, terbentur penerapan peraturan pemerintah yang mewajibkan semua motor yang diproduksi lulus standar emisi Euro III, Ninja 2-tak harus dihentikan secara paksa.

Produksi Tiger sudah dihentikan sejak awal tahun.KompasOtomotif/Honda Produksi Tiger sudah dihentikan sejak awal tahun.

3. Honda Tiger

Honda Tiger yang menggendong mesin berkubikasi 200 cc ini cukup lama juga diproduksi, kurang lebih sekitar 20 tahun. Motor ini pun harus berhenti produksi pada 2013. Hingga sekarang, masyarakat banyak yang menunggu generasi penerus dari motor yang menggunakan kode GL200 tersebut.

Honda tengah menyiapkan generasi baru CS-1 guna bersaing di segmen bebek sport.AHM/Kompas.com Honda tengah menyiapkan generasi baru CS-1 guna bersaing di segmen bebek sport.

4. Honda CS-1

Selain karena desainnya yang dipandang sebelah mata, Honda CS-1 ini hanya dibekali mesin berkapasitas 110 cc. Posisi mesinnya juga masih tidur, sama seperti mesin motor bebek. CS-1 merupaan motor hasil desainer Indonesia. Penjualan yang terus menurun menjadi salah satu latar belakang motor ini stop produksi pada 2013.

Baca juga: Resmi, Honda Suntik Mati Spacy

Ada tiga pilihan warna.AHM Ada tiga pilihan warna.

5. Honda Spacy

Motor matik 110 cc yang satu ini sebenarnya cukup fungsional. Sesuai namanya, ruang yang ditawarkan Honda Spacy cukup besar, mulai dari joknya yang lebar hingga kapasitas bagasi di bawah joknya yang luas. Kurang digemari tercermin dari angka penjualan yang semakin menurun memaksa Honda untuk menyuntik mati Spacy di 2013. Padahal, Spacy masih dipasarkan di negara lain, termasuk Jepang sampai saat ini.

Honda New MegaPro dengan teknologi injeksi dan wajah baruDonny Apriliananda Honda New MegaPro dengan teknologi injeksi dan wajah baru

6. Honda MegaPro FI

Motor sport yang satu ini baru tahun ini (2019) ini disuntik mati, yaitu Honda MegaPro FI. Alasannya adalah karena Honda sudah menawarkan produk lain di kelas yang sama, seperti Verza dan CB150R. Padahal, motor ini sempat menjadi banyak pilihan orang yang menginginkan motor setingkat di bawah Honda Tiger. 

Honda Blade 125 RepsolKompasOtomotif Honda Blade 125 Repsol

7. Honda Blade X 125

Setelah 10 tahun mengaspal di Tanah Air, Honda terpaksa menyuntik mati Blade di 2018. Motor bebek dengan kapasitas mesin 125 cc ini disetop produksinya karena permintaan konsumen yang semakin mengecil terhadap motor bebek. Strategi Honda untuk lebih fokus menggarap skutik, membuat Blade ditinggalkan.

Baca juga: Pertarungan Bebek, Blade Hilang New MX King Datang

Suzuki Skydrive.Istimewa Suzuki Skydrive.

8. Suzuki Skydrive 125

Meluncur pertama kali pada 2009, Suzuki Skydrive yang dibekali mesin berkapasitas 125 cc ini juga umurnya relatif tidak panjang. Hanya berkiprah selama lima tahun, Skydrive lantas resmi disuntik mati pada 2014.

Suzuki Thunder 125www.kompas.com Suzuki Thunder 125

9. Suzuki Thunder 125

Mencoba peruntungan dengan bermain di kelas motor sport 125 cc, Suzuki melahirkan Thunder 125 di tahun 2004. Sebelas tahun berlalu, motor yang sudah memiliki banyak loyalis ini terpaksa dihentikan produksinya pada tahun 2015.

Suzuki Inazuma 250, salah satu model yang akan diperbarui untuk mengejar segmen sport.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Suzuki Inazuma 250, salah satu model yang akan diperbarui untuk mengejar segmen sport.

10. Suzuki Inazuma GW250

Berbeda dengan motor-motor lainnya yang diproduksi di Indonesia, untuk Suzuki Inazuma ini didatangkan langsung (CBU) dari China, mulai dipasarkan 2012 . Permintaan yang semakin surut akhirnya membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghentikan impor Inazuma pada 2016. Padahal, motor dengan tipe cruiser bermesin 250 cc ini cukup memberi warna dan pilihan baru di kelas 250 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com