Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Ini Jika Ingin Isi Oli Honda Genio

Kompas.com - 31/07/2019, 11:56 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Genio memakai mesin eSP 110 cc generasi baru yang mana takaran olinya hanya 650 ml. Sehingga proses pengisian oli juga sedikit berbeda dari BeAT dan Scoppy yang punya kapasitas 800 ml.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, untuk mengisi oli Honda Genio harus lebih berhati-hati jangan sampai mengisi oli melebihi kapasitas yang dianjurkan.

Baca juga: Kapasitas Oli Mesin Honda Genio cuma 0,65 Liter

"Lebih teliti saja mengisinya sesuai anjuran. Untuk rekomendasi sama saja dengan matik Honda yang lain, hanya itu, takarannya saja lebih diperhatikan," kata Endro yang ditemui di GIIAS 2019, belum lama ini.

Ganti oli motorShutterstock Ganti oli motor

Agar proses pengisian akurat, kata Endro, bisa memakai gelas ukur, baru kemudian tuang oli ke dalam mesin. Dengan cara ini takaran oli yang masuk bisa lebih presisi, sebab saat ini belum ada kemasan oli 0,65 liter.

"Supaya akurat bisa tuang oli mesin ke gelas ukur sebelum dituang ke dalam mesin. Ingat pengisian oli jangan melebihi kapasitas," katanya.

Baca juga: Keunggulan Rangka Baru eSAF Honda Genio

Endro mengatakan, mengisi oli melebihi kapasitas berdampak kurang baik bagi mesin. Sebab mekanikal bagian mesin jadi berkerja lebih keras. Jika berlangsung lama maka akan berpengaruh pada performa.

Kapasitas oli Genio hanya 0,65 liter, lebih sedikit dari milik BeAT dan Scoopy yang berjumlah 800 ml atau 0,8 liter. Hal ini bisa terjadi lantaran Honda mengubah desain dalaman mesin sehingga lebih kompak.

"Karena pertama desain mesin lebih kompak yang membuat ruang mesin lebih kecil, karena itu tak perlu oli yang besar. Sirkulasi olinya dibuat sedemikian rupa sehingga bisa tersalurkan dan melumasi dengan baik," kata Endro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com