Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Kaki, Rahasia Berkendara Mobil Hemat Bahan Bakar

Kompas.com - 17/07/2019, 11:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara untuk pengendara agar menghemat bahan bakar kendaraannya. Khusus untuk berkendara mobil, tak jarang yang mematikan pengatur suhu atau AC supaya kinerja mesin tidak berat.

Sayangnya, hal tersebut tidak efektif untuk menghemat bahan bakar sebagaimana dipaparkan Praktisi dan Konsultan Eco Driving Heru Sugiarto. Lagi pula, di kota besar seperti Jakarta, fungsi AC dibutuhkan karena sering kali jalanan macet dengan kondisi terik matahari.

"Ada beberapa cara agar konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bensin atau diesel hemat. Pertama, jaga putaran mesin dengan cara memindahkan persneling ke gigi yang lebih tinggi secepatnya. Jangan biarkan RPM mobil tinggi," kata Heru di Jakarta.

Sebab, setiap mobil memiliki batas RPM dan torsi maksimumnya sendiri. Hal itu menandakan ketika batas tersebut dilewati, maka bahan bakar akan terbuang lebih boros. Intinya adalah pengemudi menjaga kakinya untuk tidak asal menginjak pedal gas.

Baca Juga : Tips Panaskan Mobil Tanpa Boros Bahan Bakar

"Maka dari itu, jangan sampai kecepatan mobil berada di atas 90 km/jam. Selain aman, bahan bakar mobil jadi efisien," lanjut Heru.

Cara lainnya, saat berada di tol pengendara harus menjaga kecepatan mobil dengan mematuhi batas laju yang ditentukan. Rata-rata, batas kecepatan di jalan tol adalah 60-80 km/jam.

Selanjutnya, Heru juga menyarankan agar pengendara selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depannya sekitar dua sampai tiga detik. Hal tersebut agar pengendara bisa mengantisipasi pengereman mendadak yang dilakukan kendaraan di depan dan menjaga kecepatan agar tetap konstan.

"Jangan sampai kehilangan momen. Karena ketika mesin sudah berkerja (kendaraan bergerak), sudah ada bahan bakar yang terbuang. Jangan sampai dibuang sia-sia karena ngerem mendadak. Maka, selalu jaga jarak aman," kata Heru.

Memeriksa tekanan angin pada ban, mengurangi beban muatan kendaraan, serta tidak menggunakan aksesori tambahan yang memberatkan kinerja mesin juga adalah bisa menghemat bahan bakar mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com