Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Skutik Taiwan Like 150i yang Bergaya Eropa

Kompas.com - 15/07/2019, 07:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Smart Motor Indonesia (SMI) selaku pemegang merek Kymco di Indonesia, resmi merilis Like 150i pada April 2019 lalu. Skutik berparas retro ini hadir untuk bersaing di segmen 150 cc, yang notabennya menjurus pada segmen merek asal Italia, Vespa.

Tampilan yang diusung pabrikan asal Taiwan ini memang berbeda dari biasanya. Kymco mencoba untuk menggaet peminat dengan desain bernuansa klasik ala Eropa yang dipadukan sentuhan modern.

Dari segi desain, Like 150i memiliki bodi samping yang membulat dengan lekukan halus. Tampilan siluet bodinya ini sangat serasi bersanding dengan model jok tebal yang telah dibalut lapisan kulit sintetis dua warna.

Baca juga: Kymco Punya Maxi Skutik buat GIIAS 2019

Tes Ride Kymco Like 150i Tes Ride Kymco Like 150i

Wajahnya pun dibuat klasik dengan menggunakan headlamp tunggal yang sudah dijejali dengan penerangan LED. Menariknya, lampu sein disempatkan satu frame dengan lampu utama dengan bentuk vertikal, sementara bagian cover lampu diberikan list krom.

Untuk bagian tengah, tepatnya di atas dek, terdapat ruang kompartemen yang bisa digunakan untuk menampung barang bawaan. Untuk dek dibuat dengan model gundukan tengah, meski demikian soal kelapangan kaki masih cukup baik bagi orang dewasa dengan tinggi 172 cm.

Tes Ride Kymco Like 150i Tes Ride Kymco Like 150i

Nampak belakang, berbeda dengan skutik asal Italia lainnya yang cenderung bulat atau meruncing. Kymco Like 150i justru memiliki konsep yang sedikit lebih lebar dengan penyempatan stoplamp besar yang bagian tengahnya memiliki desain berbentuk "U" dengan lampu LED.

Kaki-kaki

Bicara soal desain, tak lepas dari sektor kaki-kaki yang juga ikut berperan besar pada penampilannya. Sama dengan skutik rivalnya, Kymco Like 150i dibekali dengan dimensi pelek 12 inci yang menggunakan ban tubeless berukuran 110/70 dan 130/70.

Untuk sok depan menggunakan teleskopik, sementara sok belakang ganda. Ini juga menjadi salah satu kunci kenapa Kymco Like 150i cukup nyaman ketika diajak bermanuver. Bicara soal pengereman, Kymco Like 150i sudah menggunakan cakram berdimensi 200 mm dan 220 mm.

Tes Ride Kymco Like 150i Tes Ride Kymco Like 150i
Tak lupa ada anti-lock braking system (ABS) yang melekat di kedua pengeremannya. Aplikasi sensor ABS juga cukup rapih, karena tidak ada rotor yang menyatu dengan cakram tapi dibuat terpisah dan tersembunyi.

Fitur

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, Kymco Like 150i mengusung banyak fitur kekinian di balik konsep desain retronya. Contohnya seperti speedometer yang semuanya sudah serba digital, tidak seperti skutik rivalnya yang masih memadukan antara digital dan manual.

Tes Ride Kymco Like 150i Tes Ride Kymco Like 150i
Menariknya, pada speedometer ini terdapat fitur Kymco Noodoe yang bisa di-pairing dengan ponsel pintar pemiliknya. Melalui fitur ini, konsumen bisa mengatur desain background speedometer dengan beragam gambar kesukaan yang sudah ditunjang dengan tampilan full color.

 

Baca juga: Kenali Kymco Noodoe, Fitur Kekinian Layaknya Ponsel Pintar

Selain speedometer yang menunjukkan kecepatan kendaraan, fitur Noodoe ini juga bisa mengaktifkan beberapa aplikasi lainnya, seperti cuaca, GPS Navigasi, dan kompas.

Tes Ride Kymco Like 150i Tes Ride Kymco Like 150i

Namun pemilik harus meunggunduh lebih dulu aplikasinya di Google Play atau App Store.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Kymco Like 150i bisa menjadi pilihan menarik bagi pecinta skutik di Tanah Air. Dengan harga yang sangat kompetitif, yakni Rp 28,8 juta, calon konsumen sudah dibekali dengan beragam fitur menarik yang bahkan tak dimiliki oleh kompetitornya.

Namun begitu, tidak semuanya bisa dinilai plus. Contoh, untuk lampu utama, pengguna harus mengaktifkanya secara manual, karena belum ada fitur automatic headlight on (AHO). Tidak hanya itu, meski speedometer sudah mewah, sayangnya tidak sekaligus dilengkapi dengan fitur perhitungan rata-rata konsumsi bahan bakar.

Tes Ride Kymco Like 150i Tes Ride Kymco Like 150i
Pengguna juga harus sedikit repot saat akan mengisi daya ponsel, pasalnya meski sudah ada power outlet tapi letaknya berada di bawah jok. Kondisi sedikit riskan karena akan membuat ponsel panas terlalu lama di bagasi motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com