Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus-Minus Pakai Bodi Losion buat Merawat Interior Mobil

Kompas.com - 22/06/2019, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Beredar kabar kalau salah satu cara untuk merawat kondisi interior mobil tetap prima, adalah menggunakan cairan pelembab kulit atau tubuh alias bodi losion. Carian yang semula berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit manusia ini, disebut mampu melakukan hal serupa pada dasbor, door trim, hingga jok kulit.

Namun, menurut Hardianto selaku pemilik Classic Car Interior, menggunakan bodi losion perlu memperhatikan beberapa hal lain.

"Bagian kulit di mobil itu beragam, ada yang leather asli maupun sintesis. Sehingga losion untuk perawatannya pun berbeda. Ketika bahan kimia pada losion terlalu tajam, bagian tersebut akan rusak seperti semakin banyaknya jamur atau kulit akan pecah-pecah," ucap Hardy begitu ia akrab disapa, kepada Kompas.com, di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (21/6/2019).

Baca Juga : Modal Lotion, Bikin Warna Dasbor dan "Door Trim" Tak Mudah Kusam

Opsi memilih bodi losion, kata Hardy, memang lebih simpel karena mudah di akses di mana saja. Mulai dari warung sederhana sampai supermaket mewah tersedia, dengan rentang harga yang beragam. Tetapi, perlu diperhatikan adalah kandungan kimianya.

Menggunakan bodi losion pada dasbor dan door trim yang biasanya berbahan plastik, justru bisa membuat belang-belang atau kilap tidak rata. Situasi ini terjadi, kata Hardy, jikalau penggunaan terlalu sering.

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Salemba, mengatakan, bodi losion memang bisa digunakan untuk cairan pembersih pada dasbor dan door trim. Tetapi, mekanisme penggunaannya perlu juga diperhatikan.

Baca Juga : Tips buat Sopir Pemula yang Bawa Mobil Transmisi Matik

Desain dasbor Toyota Century ConceptAFH Desain dasbor Toyota Century Concept

"Caranya, jangan langsung tuang bodi losion ke dasbor, tapi oleskan dulu ke kain, baru digosokan. Sifat bodi losion bisanya memiliki perlindungan dari sinar matahari dan sebagai pelembab, jadi tidak masalah digunakan," kata Suparna.

Lantas, lanjutnya, segera gosok permukaan yang dilumuri bodi losion dengan lap kering halus agar sifat lengket pelembap tidak hilang dan kotoran tak mudah singgah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com