Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Cairan Pembersih Kaca Helm yang Tepat

Kompas.com - 20/04/2019, 16:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan kaca helm atau visor dapat meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Sekarang ini juga sudah banyak dijual di pasaran cairan pembersih visor untuk mempermudah perawatan.

Namun, tidak semua cairan yang dijual di pasaran tersebut aman untuk visor. Ada beberapa cairan yang kandungannya memiliki zat yang dapat merusak visor itu sendiri.

Baca juga: Busa Helm Basah Kehujanan, Begini Penanganan yang Benar

Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah (TI) selaku produsen helm KYT, menyarankan untuk berhati-hati saat membeli produk pembersih visor di pasaran.

"Mohon selalu teliti saja saat memilih produk-produk. Carilah yang kandungan bahannya water based atau alcohol based. Kedua bahan tersebut lebih aman dari solvent based," ucap Tugimin, kepada Kompas.com, Sabtu (19/4/2019).

Baca juga: Begini Cara Rawat Kaca Helm saat Musim Hujan

Tugimin menambahkan, visor helm pada umumnya sekarang ini sudah diberikan lapisan coating anti gores pada permukaannya. Menggunakan cairan pembersih dengan bahan kimia aktif ditakutkan bisa merusak lapisan coating tersebut.

Irwansyah, Technical Support dari DeRide Store, juga menganjurkan untuk mencuci visor tanpa menggunakan cairan pembersih. "Cukup gunakan air bersih, kemudian keringkan dari air yang menempel pada visor menggunakan kain lap yang bersih dan lembut," kata Irwansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com