Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Triwulan Pertama di 2019, Xenia Belum Sanggup Lewati Sigra

Kompas.com - 16/04/2019, 13:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang Januari hingga Maret 2019, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mencatat penjualan positif. Untuk capaian retail, Daihatsu meraih penjualan sebanyak 48.320 unit, sementara wholesales-nya 50.699 unit.

Penjualan secara retail Daihatsu dikuasi oleh Sigra. MPV murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) tersebut terjual 12.834 unit atau berkontribusi sebesar 27 persen.

Setelah itu diikuti oleh Gran Max pikap yang terdistribusi sebanyak 9.731 unit atau menyumbang 20,5 persen. Sisanya, sebesar 13-14 persen ditempati oleh Xenia, Terios, dan Ayla.

Baca juga: Daihatsu Pamer Kemampuan Ayla Turbo di Surabaya

Secara keseluruhan, penjualan retail nasional hingga Maret 2019 mencapai 259.491 unit. Jumlah tersebut turun 10,8 persen dibanding periode yang sama di 2018 lalu, begitu juga dengan wholesales sebanyak 253.863 unit yang turun 13 persen.

Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara Test drive Xenia 1.5L di Sibolga, Sumatera Utara

Daihatsu juga ikut mengalamai penurunan dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama. Untuk retail terdegradasi sebanyak 1,7 persen, sementara dari wholesales turun sebesar 1,8 persen.

Baca juga: Sigra Masih Jadi Andalan Daihatsu Awal Tahun

Namun penuruan tersebut, dianggap Marketing Director ADM Amelia Tjandra, lebih kecil dibandingan dengan penurunan pasar, sehingga secara market share Daihatsu mengalami kenaikan 18,3 persen untuk retail dan 20 persen untuk wholesales.

"Kami bersyukur, walaupun penjualan Daihatsu turun sedikit tahun ini, masih lebih baik dari penurunan pasar. Kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan yang telah memilih Daihatsu sebagai kendaraan mereka,” kata wanita yang akrab disapa Amel dalam siaran resminya, Selasa (16/4/2019).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com