Daihatsu Pamer Kemampuan Ayla Turbo di Surabaya

Kompas.com - 11/04/2019, 12:04 WIB
Daihatsu Ayla Turbo di Surabaya Daihatsu Ayla Turbo di Surabaya
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai menjadi pusat perhatian di ajang GIIAS Surabaya, mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/ LCGC) Daihatsu Ayla yang telah disematkan Turbo langsung unjuk kebolehan di Sirkuit Gelora Bung Tomo, Jawa Timur.

Mobil konsep Ayla ini dibuat untuk menunjukkan kemampuan rancang bangun R&D milik Daihatsu di Indonesia, sekaligus menjadi sumber inspirasi modifikasi. Sayangnya, Daihatsu memastikan bila Ayla Turbo tidak akan diproduksi secara massal.

"Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, sehingga mobil Daihatsu khususnya Ayla Turbo ini bisa memenuhi hasrat modifikasi yang lebih maksimal", ujar Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Baca juga: Daihatsu Ayla Turbo Sapa Warga Surabaya

Dari segi ubahan, Ayla Turbo cukup mendapat rombakan yang signifikan selain dari tampilan luarnya. Mulai dari upgrade performance dari mesin tiga silinder 1.200 cc, transmisi, exhaust system, sampai penyematan turbocharger sendiri. Sementara untuk mengimbangi tenaganya, suspensi dan roda pun diatur ulang yang juga telah mengadopsi pelek berdimensi 15 inci.

Daihatsu Ayla Turbo di Surabaya Daihatsu Ayla Turbo di Surabaya
Selain itu, Ayla Turbo dilengkapi dengan suspensi depan dan belakang yang dibuat lebih rigid untuk meningkatkan stabilitas dan mencegah terjadinya body roll. Sebagai mobil konsep Racing Sport, Ayla Turbo juga memiliki sistem pendinginan yang dilengkapi dengan oil cooler untuk menghindari suhu yang terlalu panas.

Dari hasil uji coba internal yang dilakukan, Daihatsu mengklaim bila Ayla Turbo mampu memuntahkan tenaga hingga 200 tk yang dibarengi dengan torsi berlimpa hingga 242 Nm. Daya tersebut mampu mengatarkan Ayla Turbo melesat dari titik diam ke 100 kpj hanya dalam waktu 9,04 detik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X