Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Ubahan Suzuki Wagon R Terbaru

Kompas.com - 26/01/2019, 13:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Wagon R mendapat pembaruan di negeri India, Rabu (23/1/2019). Model yang di Indonesia diberi nama Karimun Wagon R ini oleh Maruti Suzuki diberikan ubahan di sektor interior dan ekterior yang cukup signifikan. Apa saja?

Tampilan depannya hadir lebih segar dengan desain grile yang diberi sentuhan krom pada bagian tengah. Bentuk bemper depan baru dengan air intake yang besar diapit dengan lampu kabut yang juga mendapat pembaruan.

Dari samping profil Wagon R yang terlihat tinggi masih dipertahankan. Mobil ini memiliki ukuran panjang 3.665 mm, lebar 1.620 mm, dan tinggi 1.675 mm.

Desain floating roof digunakan pada city car ini dengan tambahan pelek 14 inci dan lampu sein yang terintegrasi dengan kaca spion.

Baca juga: Suzuki Wagon R Baru Pakai Mesin 1.200 Cc

Suzuki Wagon R terbaru hadir di IndiaSuzuki India Suzuki Wagon R terbaru hadir di India

Wagon R terbaru ini sudah menggunakan paltform Heartect. Suzuki mengklaim platform ini lebih ringan 65 kilogram dan lebih rigid untuk memenuhi keamanan saat kecelakaan.

Seperti Ertiga yang sudah menggunakan platform tersebut di Indonesia, Wagon R memiliki sumbu roda 35 mm lebih panjang dari model sebelumnya yakni 2.435 mm. Artinya kabinnya menjadi lebih luas dari pada model terdahulu.

Dari sisi keamanan terdapat airbag samping dan dual front airbag, ABS dengan EBD, dan sensor parkir di belakang. Soal kenayamanan di kabin terdapat layar sentuh 7 inci untuk hiburan dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Di India, Wagon R ditawarkan dalam tiga varian LXi, VXi, dan ZXi. Pilihan mesin ditawarkan dalam dua tipe yakni 1.0 L yang bertenaga 67 tk dan torsi 90 NM dan 1.2 L yang memiliki tenaga 90 tk dan torsi 113 Nm.

Baca juga: Harga Mobil Murah, Hanya Karimun Wagon R yang Naik

Suzuki Wagon R terbaru hadir di IndiaSuzuki India Suzuki Wagon R terbaru hadir di India

Mesin tersebut dipasangkan transmisi AGS (Auto Gear Shift) dan juga manual lima percepatan untuk mesin 1.0 L saja. Wagon R ini ditawarkan dalam enam pilihan warna yakni Superior White, Silky Silver, Magma Grey, Autumn Orange, Nutmeg Brown dan Poolside Blue.

Soal harga, Wagon R dibanderol mulao Rs 419.000 atau sekitar Rp 83 jutaan sampai Rs 569.000 atau sekitar 113 jutaan.

Sejak dikenalkan, Wagon R sudah mendapatkan pemesanan hingga 12.000 unit. Generasi ketiga Wagon R ini menjadi salah satu mobil terlaris dengan total penjualan 2,2 juta unit selama ditawarkan di India.

Di Indonesia sendiri, Karimun Wagon R selama 2018 terjual sebanyak 4.564 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com