Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Perbedaan Veloz dan Avanza Terbaru

Kompas.com - 16/01/2019, 15:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota telah memperkenalkan pembaruan pada Avanza dan Veloz, Selasa (15/1/2019). Kedua model ini menjawab keinginan para pengguna MPV untuk mendapatkan produk yang lebih segar di awal tahun.

Lantas apa perbedaan keduanya? Secara garis besar, Toyota memberikan pilihan dua varian pada Avanza terbaru yakni E dan G. Untuk pilihan mesin juga terdapat dua pilihan yakni 1.3 L dan 1.5 L yang khusus diberikan pada varian G yang hanya ditawarkan dengan transmisi manual.

Sedangkan Veloz hadir dalam satu varian namun mendapat dua pilihan mesin yakni 1.3 L dan 1.5 L. Keduanya mendapatkan pilihan transmisi manual dan A/T.

Untuk itu mari kita coba bandingkan model Veloz 1.5 L dengan Avanza tipe tertinggi yakni 1.5 L varian G.

Baca juga: Menanti Avanza Berstatus All New

Toyota Avanza-Xenia Facelift 2019KOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza-Xenia Facelift 2019

Dari tampang depan, seluruh varian mendapatkan lampu LED terbaru. Eksterior Veloz hadir lebih mewah dengan penggunaan radiator grille yang dibalut dark chrome garnish. Untuk varian Avanza hanya diberikan sentuhan krom saja.

Dari sisi eksterior, pada bagian samping Veloz mendapatkan sentuhan side body molding dengan side skirt desain baru yang diberi sentuhan krom. Selain itu pada bagian plat nomor kendaraan di belakang mendapatkan ornamen baru berwarna gelap.

Untuk Avanza, tidak ada pembaruan di sisi samping kendaraan. Pada sisi belakang, selain desain stoplamp baru, pintu belakang mendapat aksesori garnish krom dengan tambahan penggunaan shark fin antenna di bagian belakang.

Masuk ke bagian interior, perbedaan mencolok hadir pada warna yang digunakan. Untuk Veloz, warna hitam gelap mendominasi termasuk pada pintu dipadukan dengan warna baru jok kendaraan. Avanza hadir lebih terang dengan penggunaan duo tone paduan hitam dan abu-abu.

Baca juga: Mobil Sekelas Avanza Tidak Perlu Berlimpah Fitur

New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)

Perbedaan lain adalah hadirnya rear seat entertainment berupa layar video di bagian atas kabin untuk Veloz. Fitur kamera belakang untuk membantu parkir kendaraan juga hanya hadir di Veloz saja.

Memegang peran sebagai model teratas, Veloz dibekali beberapa fitur keamanan yang tidak ada di Avanza. Misalnya smart entry untuk mengakses ke dalam kabin kendaraan, tombol start stop untuk menyalakan mesin kendaraan hanya hadir di Veloz. 

Selain itu ada fitur follow me home light dimana lampu utama kendaraan akan tetap menyala beberapa waktu saat penumpang berjalan masuk ke dalam rumah. Ini untuk membantu penumpang memasuki rumah di saat malam hari.

Meski memiliki perbedaan, Veloz dan Avanza juga berbagi hal yang sama. Misal kehadiran head unit layar sentuh, speaker sebanyak enam titik, tombol pengatur audio di lingkar kemudi, digital A/C control, power slot di baris pertama dan kedua serta USB port di baris ketiga.

New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi New Avanza dan New Veloz resmi meluncur Selasa (15/1/2019)

Selain itu terdapat fitur keamanan berupa dual SRS Airbag di semua tipe, sabuk dengan pretensioner, ABS, ISOFIX, sabuk pengaman tiga titik di baris kedua, serta peringatan penggunaan sabuk pengaman bagi penumpang. Selain itu Toyota juga mengklaim meningkatkan kesenyapan kabin dan kenyamanan melalui suspensi terbaru.

Dari segi harga Veloz dengan mesin 1.5 L dibanderol Rp 227,6 jutaan untuk transmisi manual dan Rp 239,4 jutaan untuk transmisi otomatis. Avanza varian G 1.5 L dibanderol Rp 221,5 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com