Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Sekelas Avanza Tidak Perlu Berlimpah Fitur

Kompas.com - 16/01/2019, 09:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) tidak hanya dari penetapan harga, dan juga tampilan. Penyematan fitur keamanan dan keselamatan pun dilakukan oleh produsen yang bermain di kelas itu.

Misal, ada merek yang sudah menyematkan beragam fitur kekinian seperti Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Active Stability Control, hingga Cruise Control.

Sementara pada Toyota Avanza facelift terutama Veloz 2019 ini, penambahan fitur terbaru lebih kepada faktor kenyamanan ketimbang keselamatan. Sebagai contoh, Toyota hanya menambahkan fitur keyless entry, start/stop engine button, dan retractable auto folding pada spion.

Baca juga: Penjelasan Toyota soal Avanza "Facelift" Tiru Wajah Xpander

Menanggapi hal itu, menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy dalam menentukan fitur diimbangi juga dengan kebutuhan konsumen dan juga harga.

Toyota Avanza Veloz FaceliftKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota Avanza Veloz Facelift

"Kami mengerti bahwa safety merupakan suatu tren yang terbaru dan memang sangat dibutuhkan oleh konsumen. Dan rasanya di segmen LMPV ini, fitur yang sudah ada di Avanza sudah mencukupi," ujar Anton di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Anton menjelaskan Avanza sendiri sudah mengantongi predikat empat bintang dari NCAP sehingga fitur yang tersedia pada mobil dengan julukan sejuta umat ini telah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi sekarang ini.

"Karena kami juga harus seimbang antara safety dan juga value for money. Kami masih cukup yakin dengan safety yang ada sekarang ini masih sangat bisa diterima dengan baik oleh masyarakat," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com