Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Gandeng UI buat Riset Mobil Listrik

Kompas.com - 08/11/2018, 14:02 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) ikut mendukung kegiatan riset mobil listrik yang dilakukan oleh Universitas Indonesia. Merek otomotif asal Jepang ini memberikan donasi berupa Alat Ukur Kinerja Kendaraan Listrik kapada Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, UI.

Kazushi Ehara, Presiden Direktur HMMI mengatakan bahwa di era modern seperti ini, mobilitas manusia menjadi semakin tinggi dengan berbagai moda trasportasi yang dipergunakan, belum lagi transportasi untuk keperluan logistik barang dan jasa yang juga seiring meningkat.

Semuanya itu membutuhkan sumber energi yang juga secara linier terus meningkat kebutuhannya, sedangkan ketersediaannya semakin terbatas serta proses eksplorasinya semakin sulit dan mahal.

Baca juga: Hino Pamer Truk Pengangkut Sampah di IIMS Makassar

"Itulah kondisi saat sekarang yang sangat serius dihadapi oleh bangsa Indonesia yang sepenuhnya masih mengandalkan ketergantungan pada sumber energi yang berasal dari fosil minyak bumi," kata Ehara dalam siaran resmi, Kamis (8/11/2018).

Setelah melakukan serah terima kepada Dr. Ir. Hendri D.S Budiono M.Eng, Dekan Fakultas Teknik UI, Ehara dan rombongan melakukan kunjungan kebeberapa fasilitas laboratorium Departemen Teknik Mesin dengan menitipkan pesan agar UI selalu menghasilkan Sarjana Teknik yang handal.

Bukan hanya itu, tetapi juga mengikuti dengan perkembangan teknologi serta mampu menjadi bagian dan pelaku revolusi industri ke empat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com