Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuso Masih Tak Berdaya Lawan Hino

Kompas.com - 10/09/2018, 14:52 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, telah menjadi pemimpin pasar kendaraan komersial, dengan pangsa pasar 45 persen.

Target untuk 2018 ini, diharapkan terjadi peningkatan 25 persen atau setara dengan 53.000 unit, serta target pangsa pasar menjadi 46 persen.

Namun, untuk segmen medium duty truck (MDT), Fuso masih kalah dari Hino. Sales & Marketing Director PT KTB Duljatmono pun mengakui bahwa kelas itu secara penjualan lebih rendah dibandingkan rival.

“Di kelas MDT saja, tetapi secara total (medium dan light truck) Fuso masih market leader 45 persen,” ujar pria yang akrab disapa Momon kepada Kompas.com akhir pekan lalu.

Baca juga: Harga Truk Fuso Makin Mahal

Merujuk dari data yang diinformasikan KTB, total penjualan Fuso selama semester pertama 2018 mencapai 24.403 unit atau meningkat 26,4 persen dari tahun lalu di periode sama, yaitu 19.294 unit.

Sementara untuk segmen truk medium, pencapaian selama enam bulan pertama tahun ini sudah tembus 2.898 unit. Hasil tersebut jelas lebih kecil jika dibandingkan dengan Hino.

Hino New Generation Ranger FG 235 JS Refrigerator Box di GIIAS 2017.Istimewa Hino New Generation Ranger FG 235 JS Refrigerator Box di GIIAS 2017.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk semester pertama 2018 segmen MDT Hino sudah terjual 10.450 unit atau secara pangsa pasar 60,77 persen.

“Hasil ini juga menandakan Hino sebagai market leader medium duty truck selama 18 tahun terakhir ini,” ujar Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (PT HMSI) Santiko Wardoyo kepada Kompas.com melalui surat elektronik, Senin (10/9/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com