Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambu Tilang Elektronik Sudah Dipasang

Kompas.com - 03/10/2018, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahap uji coba tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement (E-TLE) sudah dimulai sejak 1 Oktober 2018. Langkah awal hanya diterapkan di sepanjang Jalan Sudirman hingga Thamrin, Jakarta.

Sejak hari pertama hingga kedua, petugas pun sudah mulai memasang rambu. Salah satunya bertuliskan "Anda Memasuki Kawasan Pemberlakuan Tilang Elektronik", yang di tempatkan di masing-masing perempatan jalan.

"Sudah ada empat rambu portabel yang dipasang di dua lokasi, yaitu Bundaran Senayan dan Simpang Sarinah," kata AKBP Budiyanto Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya seperti dilansir laman NTMCPolri, Rabu (3/10/2018).

Baca juga: Penting Mengetahui Mekanisme Tilang E-TLE

Selama beberapa hari ke depan, lanjut Budiyanto akan terus dipasang rambu soal tilang elektronik. Target selanjutnya di kawasan Harmoni hingga Patung Kuda.

"Pemasangan rambu ini otomatis akan membuat pengendara menjadi lebih tahu soal peraturan ini," ucap Budiyanto.

Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.

Pelaksanaan uji coba ini akan dilakukan selama satu bulan penuh. Targetnya, yaitu seluruh kendaraan bermotor yang melanggar aturan seperti melawan arus, ganjil-genap, hingga menerobos lampu merah.

Namun, selama masa uji coba ini polisi belum melakukan tindakan, karena sifatnya sekaligus melakukan sosialisasi kepada pengendara di sepanjang jalan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com