Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekayasa Lalu Lintas Obor Asian Para Games 2018

Kompas.com - 29/09/2018, 12:40 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan adanya Torch Relay Asian Para Games 2018, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas pada 30 September 2018. Proses rekayasa dilakukan pada rute pawai obor sejak pukul 06.30 WIB sampai dengan selesai.

Untuk rutenya sendiri akan melintasi beberapa wilayah, mulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan, MH Thamrin, Bundaran HI, Imam Bonjol, HOS Cokroaminoto, Rasuna Said, Casablanca, Saharjo, Simpang Pancoran, Gatot Subroto, Gedung DPR/MPR RI. Setelah itu akan putar balik di Slipi menuju Gatot Subroto, Gerbang Pemuda, dan finis di Kemenpora.

Sigit Wijatmoko yang saat ini menjabat sebagai Plt Kepala Dishub DKI, mengatakan rekayasa lalu lintas akan dilakukan berupa sistem buka-tutup secara situasional serta pengalihan arus.

Baca juga: Hari Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas Pawai Obor Asian Games 2018

"Buka tutup di rute Torch Relay Asian Para Games 2018 saja, Transjakarta tetap akan beroperasi. Dihimbau para pengguna jalan agar menghindari ruas yang dilalui dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ucap Sigit dalam keterangan resminya, Jumat (28/9/2018).

Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari (kiri) memegang obor yang digunakan pada pawai obor jelang Asian Para Games 2018 di Bali, Minggu (16/9/2018).Dok. Inapgoc Ketua Umum Inapgoc Raja Sapta Oktohari (kiri) memegang obor yang digunakan pada pawai obor jelang Asian Para Games 2018 di Bali, Minggu (16/9/2018).

Untuk pengalihan arus, Dishub sudah menyiapkan beberapa rute alternatif, yakni :

a. Arus lalu lintas dari M Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Medan Merdeka Selatan dialihkan menuju Medan Merdeka Timur.
b. Arus lalu lintas dari Diponegoro yang akan belok kiri menuju Hos Ckroaminoto dialihkan ke kanan meunuju Medan Merdeka Timur.
c. Arus lalu lintas dari Jalan Tambak yang akan berbelok kiri ke Saharjo dialihkan lurus ke Sultan Agung-Galunggung-dan seterusnya.
d. Arus lalu lintas dari arah Karet, yang akan menuju Jalan layan non tol Tanah Abang-Kampung Melayu, dialihkan ke jalan KH Mas Mansyur.
e. Arus lalu lintas dari arah Barat menuju underpass Casablanca dialihkan melalui Doktor Satrio-belok kiri ke Rasuna Said-dan seterusnya.
f. Arus lalu lintas dari Lapangan Roos/Kampung Melayu yang akan belok kiri menuju Saharjo dialikan menuju flyover Saharjo.
g. Arus lalu lintas dari Jalan Tebet Raya yang belok kiri ke Saharjo dialihkan belok kanan ke Saharjo (utara)-belok kiri ke Casablanca-dan seterusnya.
h. Arus lalu lintas dari Selatan (Pasar Minggu) yang akan belok kiri menuju Gatot Subroto dialihkan lurus ke simpang Pancoran dan Soepomo.
i. Arus lalu lintas dari Timur (MT Haryono) yang lurus menuju Gatot Subroto dialihkan belok kanan di simpang Pancoran menuju Soepomo.
j. Arus lalu lintas dari Mampang Perapatan yang akan belok kiri ke Gatot Subroto dialihkan menuju Rasuna Said.
k. Arus lalu lintas dari Kapten Tendean yang belok kiri ke Gatot Subroto dialihkan putar balik ke ke arah Timur Gatot Subroto.
l. Arus lalu lintas dari Widya Chandra Raya yang akan ke Gatot Subroto dialihkan putar balik menuju arah semula.
m. Arus lalu lintas dari SCBD yang akan menuju Gatot Subroto dialikan putar balik ke arah semula.
n. Arus lalu lintas dari Pejompongan Raya yang akan menuju Gatot Subroto dialihkan menuju Tentara Pelajar.
o. Arus lalu lintas dari KS Tubun menuju Gatot Subroto dialihkan ke Pejompongan Raya
P. Arus lalu lintas dari Asia Afrika yang akan menuju Gerbang Pemuda dialihkan lurus ke Gelora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com