Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Asal Lumajang Berlatih dengan Rossi di Italia

Kompas.com - 11/09/2018, 08:21 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap muda binaan Yamaha Racing Indonesia, Faerozi Thoreqotullah (15) terpilih untuk mengikuti program pelatihan Yamaha VR46 Master Camp batch ke-6 yang dijadwalkan berlangsung di Motor Ranch VR46 Tavullia, Italia pada 11-16 September 2018.

Faerozi bersama para pebalap binaan Yamaha lainnya dari berbagai negara, akan dilatih langsung oleh legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi.

President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto menyatakan, dapat kesempatan berlatih dengan Rossi merupakan kesempatan emas bagi Faerozi.

Ini jadi modal penting bagi Faerozi untuk mendapatkan pengalaman latihan dengan level internasional sebagai pebalap masa depan Yamaha Racing Indonesia.

"Saat ini kami sangat bangga dapat mengirimkan rider muda bertalenta kami, Faerozi ke VR46 Master Camp di 2018, yang secara langsung akan dilatih oleh Valentino Rossi dan didampingi oleh pembalap Moto2 dan Moto3 sebagai instrukturnya," kata Minoru melalui keterangan tertulisnya.

Baca juga: Pebalap Indonesia Jadi yang Tercepat di Akademi Valentino Rossi

Pebalap muda binaan Yamaha Racing Indonesia, Faerozi Thoreqotullah (15) yang terpilih untuk mengikuti program pelatihan Yamaha VR46 Master Camp batch ke-6 yang dijadwalkan berlangsung di Motor Ranch VR46 Tavullia, Italia pada 11-16 September 2018. Yamaha Racing Indonesia Pebalap muda binaan Yamaha Racing Indonesia, Faerozi Thoreqotullah (15) yang terpilih untuk mengikuti program pelatihan Yamaha VR46 Master Camp batch ke-6 yang dijadwalkan berlangsung di Motor Ranch VR46 Tavullia, Italia pada 11-16 September 2018.

Faerozi sendiri menyatakan sangat bahagia bisa diberi kesempatan untuk mengikuti Yamaha VR46 Master Camp. Apalagi ada program pembinaan teknik balap yang akan ditangani langsung oleh Rossi yang merupakan pembalap idola Faerozi. Menurut Faerozi, dirinya akan memanfaatkan Master Camp ini dengan mencari ilmu balap sebanyak mungkin.

"Saya akan belajar teknik-teknik balap yang sangat penting, juga belajar tentang mental. Ilmu yang saya peroleh nanti akan saya terapkan dalam balapan yang saya ikuti hingga mendapatkan hasil yang lebih baik," ucap remaja kelahiran 15 Desember 2002 ini.

Selain Faerozi, pada tahun ini Yamaha mengirimkan tiga pembalap lain dari Asia untuk bergabung dalam program Master Camp. Mereka adalah Shota Yokoyama (16) asal Jepang serta dua pembalap dari Malaysia, yakni Nazirul Izzat Bin Muhammad Bahauddin (18) dan Muhammad Aiman Bin Tahiruddin (16).

Baca juga: Anggi Setiawan dan 5 Pebalap Muda Ikut Edisi Ketiga VR46 Master Camp

Pebalap Indonesia, Galang Hendra Pratama, dan peserta Master Camp mendengarkan arahan Marco Belli dari tim VR46 Riders Academy sebelum berlatih flat-track di Tavullia, Italia, Kamis (15/9/2016).YAMAHA RACING INDONESIA Pebalap Indonesia, Galang Hendra Pratama, dan peserta Master Camp mendengarkan arahan Marco Belli dari tim VR46 Riders Academy sebelum berlatih flat-track di Tavullia, Italia, Kamis (15/9/2016).

Program Master Camp yang sudah masuk batch ke-6 merupakan hasil kerjasama antara Yamaha Motor Company (YMC) Jepang dengan VR46 Riders Academy. VR46 Riders Academy adalah sekolah balap milik Rossi yang sudah melahirkan pebalap-pebalap muda potensial di level Moto2 dan Moto3 serta MotoGP.

Selain Faerozi, pebalap muda Yamaha Indonesia lainnya yang juga pernah mengikuti Master Camp adalah Galang Hendra Pratama. Galang adalah pebalap muda yang berhasil meraih podium juara dalam WorldSSP300 Seri Ceko di Sirkuit Brno pada Juni silam. Selain itu, ada pula nama lain, seperti Imanuel Pratna pada tahun 2016, dan Anggi Setiawan pada tahun tahun 2017.

Baca juga: Galang dan Imanuel Lulus dari Master Camp Kedua

"Kami berharap di kesempatan ini Faerozi dapat belajar skill balap kelas dunia, kemudian mengaplikasikannya di balap ARRC AP250. Dan kami berharap jika sukses, ke depannya dia dapat naik ke level dunia seperti Galang Hendra. Tentu saja kami yakin dia pasti bisa,” ujar Morimoto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com