Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Wilayah Senayan Jelang Penutupan Asian Games 2018

Kompas.com - 02/09/2018, 08:47 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara penutupan Asian Games 2018 akan berlangsung Minggu (2/9/2018). Selain ada rekayasa lalu lintas, Polda Metro Jaya pun mengerahkan 1.812 personel untuk mengatur jalan selama kegiatan tersebut berlangsung.

Sementara untuk rekayasa lalu lintas akan dilakukan pengalihan arus di sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Penutupan jalan dimulai pada 09.00 WIB hingga acara selesai.

"Pengamanan di sekitar lokasi 379, pengawalan 597, posko delapan personel, pengamanan rute 819 dan pengawalan escape 12 personel," kata Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Budiyanto seperti dilansir laman NTMCPolri, Minggu (2/9/2018).

Baca juga: Gratis Naik Transjakarta buat Nonton Asian Games 2018

Menurut Budiyanto, langkah tersebut dilakukan untuk mendukung acara penutupan ajang olahraga bergengsi di Asia, agar lalu lintas pun berjalan aman, tertib, dan juga lancar.

Kepadatan lalu lintas terjadi di sekitar Universitas Moestopo di Jalan Terusan Hang Lekir  menuju Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (25/8/2018).  Hal itu disebabkan penutupan jalan guna penyelenggaraan maraton Asian Games 2018 yang telah ditutup sejak 03.00 dini hari mulai dari jalan menuju Bundaran Senayan  dan jalan menuju Gelora Bung Karno.KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA Kepadatan lalu lintas terjadi di sekitar Universitas Moestopo di Jalan Terusan Hang Lekir menuju Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (25/8/2018). Hal itu disebabkan penutupan jalan guna penyelenggaraan maraton Asian Games 2018 yang telah ditutup sejak 03.00 dini hari mulai dari jalan menuju Bundaran Senayan dan jalan menuju Gelora Bung Karno.

"Bahkan ada juga pengawalan para atlet. Sekitar 426 motor dan 110 mobil yang disiapkan untuk melakukan pengawalan nanti," ujar Budiyanto.

Berikut daftar rekayasa lalu-lintas di wilayah Senayan:


1. Flyover Senayan. Kendaraan dari arah Semanggi akan diarahkan lurus ke arah Slipi. Kemudian kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi.

2. Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu Senayan 1. Karena akan dilakukan penutupan di pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan, maka kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

Pintu masuk FX sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar masuk kendaraan karena pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup.

3. Jalan Hang Lekir Arus lalu lintas dari Jalan Moestopo yang menuju arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

4. Perempatan Patal Senayan Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju arah Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokkan ke kiri arah Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau.

5. Traffic light Palmerah Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di traffic light Palmerah menuju arah Jalan Tentara Pelajar arah Permata Hijau.

6. Pertigaan Jalan Tentara Pelajar Kendaraan dari arah traffic light Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

7. Pertigaan Jalan Hang Lekir Kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah traffic light Pakubuwono maupun arah sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com