Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Intip Peluang Jual Mobil Hybrid di Indonesia

Kompas.com - 09/08/2018, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai memamerkan teknologi hybrid yang disematkan pada Swift. Model itu pun sedang dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2-12 Agustus 2018 di ICE, BSD, Tangerang.

Hatchback tersebut dipamerkan untuk menunjukan bahwa secara teknologi dan produk, Suzuki sudah siap. Artinya tidak hanya Swift, Suzuki bisa mengaplikasikan teknologi hibrida ke model lain.

Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS mengatakan bahwa, sekarang ini sedang menunggu aturan dari pemerintah tentang regulasi low carbon emission vehicle (LCEV).

Menurut dia, jika aturan tersebut sudah resmi maka tidak perlu waktu lama untuk Suzuki menjual mobil hibrida atau sejenisnya.

Baca juga: Kulik Suzuki Swift Hybrid

"Kita harus menunggu dulu, kalau menurut saya tidak harus sampai satu tahun setelah regulasi itu diluncurkan. Secepatnya juga kita bisa," ujar Yulius saat berbincang dengan Kompas.com di ICE, BSD, Tangerang, Rabu (8/8/2018).

Suzuki Swift Hybrid 2017.Indianautosblog Suzuki Swift Hybrid 2017.

Lantas model apa yang akan dijual di Indonesia nanti? Yulius menjelaskan untuk itu belum bisa diinformasikan sekarang, mengingat Swift yang dipamerkan di GIIAS 2018 ini juga sekaligus untuk tes pasar.

"Jadi untuk produk kita juga sudah siap, tergantung regulasinya dulu seperti apa, dan pada intinya kita ikut mendukung apa yang telah dilakukan pemerintah," kata dia.

Program LCEV itu sendiri memayungi teknologi canggih seperti hibrida, berbahan bakar gas, listrik, sampai hidrogen. Produsen otomotif yang mau ikutan program ini bisa memilih mau masuk ke jenis sumber penggerak mana yang ditawarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com