Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkaan Rupa Suzuki Baleno “Rasa” Toyota

Kompas.com - 26/06/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

NEW DELHI, KOMPAS.com – Maruti Suzuki resmi bekerja sama dengan Toyota Kirloskar Motor di India untuk bertukar produk. Kerja sama ini sudah diumumkan sejak akhir bulan ketiga lalu, atau tepatnya di tanggal 29 Maret 2018.

Pada kesepakatannya, Suzuki akan menyuplai Baleno dan Vitara Brezza untuk dijual dengan merek Toyota. Sementara Toyota akan melakukan hal yang sama dengan Corolla buat Suzuki.

Otomotif manipulator Kleber Silva, menghadirkan gambar sketsa digital atau rendering, menunjukkan bagaimana kira-kira kalau Baleno yang akan dijual oleh Toyota, kemungkinan akan terlihat.

Kedua perusahaan tersebut, nampaknya hanya mengubah bagian-bagian ringan dan kecil pada mobil, seperti bumper, lampu, dan grille, atau bahkan juga pelek.

Sementara ubahan besar lainnya, nampaknya tidak mungkin, karena akan mengarah pada pengembangan dan biaya produksi yang lebih tinggi.

Baca juga: Suzuki dan Toyota Mau Jadi Raja di India

Render Suzuki Baleno rasa Toyota.INDIANAUTOSBLOG Render Suzuki Baleno rasa Toyota.

Baleno dengan badge Toyota di gambar render punya fascia depan, terinspirasi oleh spesifikasi generasi ke-11 Toyota Corolla di pasar Amerika. Begitu juga pada sisi belakang, di mana tail lamps juga berasal dari model yang sama.

Sementara untuk bagian dalam mobil atau kabin, nampaknya tidak ada perbedaan desain interior utama antara Maruti Baleno dan versi Toyota-nya.

Maruti Baleno yang bermesin Toyota kemungkinan akan datang dengan mesin dan transmisi yang sama di kelasnya. Itu berarti mesin bensin 1.2L akan dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau CVT.

Lalu mesin diesel 1,3 liter yang digabungkan ke transmisi manual 5-percepatan. Namun, peluncurannya akan berlangsung pada Q2 2019 atau bisa lebih cepat lagi.

Masih belum diketahui, apakah model hasil kerja sama keduanya bakal dipasarkan di luar India, termasuk Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com