Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandungan Lokal Glory 580 Masih Sedikit

Kompas.com - 12/06/2018, 21:02 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – SUV DFSK Glory 580 yang diproduksi di pabrik perakitan Sokonindo Automobile di Cikande cuma memiliki kandungan lokal sekitar 20 – 30 persen. Hal itu diungkap oleh CEO Sokonindo Automobile Alexander Barus.

Tidak dijelaskan detail Alexander mengapa kandungan lokal Glory 580 masih sedikit. Namun bisa dipahami komponen-komponen yang dipakai untuk merakit sebagian besar produk impor.

“Itu 20-30 persen. (Jumlah penyuplai lokal) Itu saya enggak tahu, karena selalu berkembang dan bertambah,” ucap Alexander di Bandung, Selasa (5/6/2018), saat ditanya soal kedalaman lokalisasi Glory 580.

Baca juga: Wuling Merasa Kandungan Lokal Cortez Sudah 50 Persen

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan) meresmikan pabrik PT Sokonindo Automobile di Cikande, Banten, Selasa (28/11/2017).Ghulam N/KompasOtomotif Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kanan) meresmikan pabrik PT Sokonindo Automobile di Cikande, Banten, Selasa (28/11/2017).

Walau masih terbatas, Sokonindo Automobile sedang berusaha menambah kandungan lokal. Mereka berencana mendirikan pabrik mesin di sekitar pabrik perakitan.

Baca juga: Pabrik Mesin Sokonindo Berdiri Tahun ini

Alexander menyebut bila pabrik mesin sudah beroperasi, setidaknya kandungan lokal Glory 580 bakal mencapai 40 persen. Pendirian pabrik mesin itu juga bagian strategi Sokonindo melakukan ekspor yang rencananya dilakukan juga tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com