Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mesin Sokonindo Berdiri Tahun ini

Kompas.com - 06/06/2018, 08:22 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Investasi Sokonindo Automobile di Indonesia belum selesai. Setelah mengucurkan dana 150 juta dollar Amerika Serikat buat membangun pabrik perakitan, rencananya bakal ada investasi baru untuk mendirikan pabrik mesin berikut transmisi.

CEO Sokonindo Automobile Alexander Barus menjelaskan saat ini posisi realisasinya masih dalam tahap negosiasi dengan prinsipal. Upaya membangun pabrik mesin dikatakan untuk meningkatkan kandungan lokalisasi.

Saat ini model mobil penumpang Sokonindo, DFSK Glory 580, hanya memiliki kandungan lokal 20 -30 persen. Setelah pabrik mesin berdiri diharapkan bisa menebal hingga lebih dari 40 persen.

“Secepatnya. Tahun ini,” ucap Alexander di Bandung, Selasa (5/6/2018), saat ditanya kapan prediksi jadwal pembangunan pabrik mesin.

Baca juga: Pelopor, DFSK Glory 580 Kasih Garansi 7 Tahun

Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.

Alexander belum bisa menjelaskan berapa nilai investasi baru itu sebab masih dibicarakan. Namun lokasi pabrik mesin disebut bakal berada di sebrang pabrik perakitan Sokonindo di Cikande, Serang, Banten, yang sudah diresmikan pada 2017 lalu.

“Jadi ini serius bisnis. Grounbreaking tahun ini, diharapkan jadi tahun depan dan mulai operasi. Sehingga lokal konten itu bisa cepet naik,” jelas Alexander.

Upaya ini juga dikatakan berkaitan dengan rencana Sokonindo memulai ekspor Glory 580 pada tahun depan. SUV medium itu memiliki dua opsi mesin, 1.5L turbo dan 1.8L non-turbo, berikut tiga pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan, manual 5-percepatan, dan CVT.Alexander tidak spesifik menjelaskan pabrik mesin nanti bakal memproduksi opsi yang mana.

“Kita berdoa -sama biar prinsipal rela pabrik mesin bisa ada disini,” kata Alexander.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com