Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Dalam Nissan Terra Mampu Main Air

Kompas.com - 30/05/2018, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CLARK, KOMPAS.com – Nissan Terra sebagai sport utility vehicle (SUV) dengan ground clearance mencapai 225 mm, tergolong mumpuni. Cukup mengakomodasi SUV ladder frame terbaru ini untuk menjelajah medan on-road maupun off-road, termasuk menerabas jalan banjir atau genangan air.

Namun, pihak Nissan tak sembarangan merekomendasikan mobilnya untuk melalui genangan air. Mereka menyebutkan, batas tinggi yang dijamin oleh pabrikan asal Jepang ini, maksimal 45 cm saja.

“Walaupun sebenarnya kemampuan aktual di lapangannya bisa lebih dari itu, tapi kami merekomendasikan Terra untuk bisa melalui genangan air setinggi 450 mm saja,” ujar  Hironori Awano Chief Vehicle Engineer Nissan, di Clark, Filipina, Selasa (29/5/2018).

Angka tersebut, kata Awano sudah mempertimbangkan gelombang dan beberapa hal lain yang terjadi pada permukaan air.

Baca juga: Nissan Terra Resmi Meluncur di Filipina, Indonesia Menyusul

New Nissan Terra.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI New Nissan Terra.

“Jadi kami tidak mengatakan ketinggian genangan air di atas 500mm atau 600mm, tapi kita menjamin di 450 mm saja. Kami juga tak melihat klaim kompetitor bagaimana, tapi tentunya yang kami rekomendasikan adalah di angka itu,” ucap Awano.

Jika membandingkannya dengan kompetitor, Terra memiliki ground clearance tertinggi di kelasnya, di mana Pajero Sport sendiri punya ground clearance (GC) 218 mm, sementara Isuzu MU-X ada di angka 220 mm. 

Eiichi Koito, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI) juga menuturkan, dengan GC yang tinggi ini, penting untuk konsumen di Indonesia yang kadang masih menghadapi banjir.  

"GC tinggi ini sangat penting bagi konsumen Indonesia apalagi di jalanan Jakarta terkadang masih suka banjir di mana-mana," ucap Koito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com