Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penurunan Angka Kecelakaan Masih Jauh dari Target 2020

Kompas.com - 15/05/2018, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia sudah menetapkan target penurunan angka fatalitas kecelakaan, sampai 50 persen pada 2020 nanti. Target tersebut terbilang optimistis.

Sejauh ini, atau sudah enam tahun sejak Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan 2011-2035 terbit, penurunan angka kecelakaan baru di angka 20 persenan. Padahal hanya tinggal dua tahun lagi dari deadline.

“Target kami memang tahun 2020 menurunkan angka kematian akibat kecelakaan targetnya 50 persen. Sejauh ini, setidaknya masih kurang lebih sekitar 20 persen yang bari kami turunkan,” ujar Ahmad Yani, Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Sabtu (12/5/2018).

Baca juga: Cara Surabaya Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

Yani mengakui kalau pekerjaan tersebut tak bisa dikerjakannya sendiri. Review kembali akan dillakukan, antara pemangku kepentingan, terutama soal strategi baru untuk bisa mencapai atau minimal mendekati target yang ditentukan.

“Apa yang kami lakukan saat ini yaitu sedang melakukan review, dengan keluarnya PP 37 tentang keselamatan. Kami melakukannya bersama beberapa pihak, seperti Bappenas sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ucap Yani.

“Lalu kami di perhubungan akan menangani terkait pengendara, dan teman di Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait infrastruktur jalan, serta Kementerian Kesehatan, akan fokus pada golden time respon terhadap kecelakaan,” kata Yani.

Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan 2011-2035.ISTIMEWA Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan 2011-2035.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com