Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Wuling Bisa Jual Mobil Lebih Murah

Kompas.com - 11/05/2018, 15:45 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Cikarang, KOMPAS.com - Mobil-mobil merek Wuling yang beredar di Indonesia memiliki banderol harga yang relatif murah. Penyebabnya karena mereka melakukan fleksibilitas produksi.

Senior Director Manufacturing PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) Motor Indonesia Arif Pramadana menjelaskan, pihaknya menempatkan produksi seluruh produknya di satu lokasi yang sama. Sehingga jika ada perubahan permintaan, produksi bisa dilakukan dengan cepat.

"Jadi dalam memproduksi mobil kami lebih fleksibel. Bisa dicampur antara Confero dan Cortez, atau langsung ganti ke Confero saja. Tergantung permintaan," kata Arif di Cikarang, Bekasi, Rabu (9/5/2018).

Baca juga : Melihat Peta MPV, Sebelum Kedatangan Wuling Cortez

Selain itu, Wuling juga menyediakan lahan untuk para mitra supplier yang masih berada di area pabrik. Dari 60 hektar lahan pabrik Wuling yang ada di Cikarang, 30 hektar diantaranya diperuntukan untuk tempat produksi para supplier.

Supplier park yang berada di area pabrik Wuling Motors Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.Wuling Motors Indonesia Supplier park yang berada di area pabrik Wuling Motors Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Tercatat ada 15 supplier Wuling yang melakukan produksi di area yang sama. Mereka lah yang memproduksi berbagai komponen pendukung, seperti jok, dasbor, spion, lampu hingga AC.

"Ini strategi lokalisasi, di mana Wuling membawa 15 pemasok komponen untuk ditempatkan di supplier park yang juga berlokasi di area pabrik," ucap Arif.

Bukti murahnya harga mobil Wuling dapat terlihat dari banderol Confero S. Seluruh varian low MPV ini dibanderol dari mulai kisaran harga Rp 130 juta hingga Rp 167 juta.

Baca juga : Daftar Harga MPV Sejuta Umat Mei 2018

Bertarung di segmen dengan pangsa pasar terbesar di tanah air, varian termahal Confero diketahui masih lebih murah dibanding jejeran varian termurah para pesaing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com