Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Tambah Fitur ESP pada Ertiga Terbaru?

Kompas.com - 28/04/2018, 09:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Ertiga resmi dihadirkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di ajang IIMS 2018. Ertiga terbaru ini hadir dengan varian GX dengan fitur ESP (Electronic Stability Program) dan non ESP.

ESP sendiri adalah teknologi komputerisasi yang mengoptimalkan pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalkan slip. Ini sekaligus meminimalkan gejala understeer dan oversteer saat berkendara.

Lantas, bagi konsumen yang sudah terlanjur memilih varian non ESP, apakah ke depannya akan dapat menambahkan fitur ini di kemudian hari?

4W Service Section Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Totok Yulianto mengungkapkan hal tersebut tidak mungkin dilakukan.

"Hal tersebut banyak perubahannya. Ada banyak sensor di roda dan wiring yang diperlukan dan harus diubah. Jadi kami tidak menyarankan," ucap Totok saat ditemui di IIMS beberapa waktu lalu.

Baca juga : Manakah Tipe Ertiga Terbaru yang Banyak Dipilih Konsumen?

Totok menyarankan bagi konsumen yang memang sadar dengan pentingnya fitur keselamatan tersebut untuk memilih varian GX dengan ESP. Sebab fitur ini menyempurnakan fitur keselamatan di Ertiga yang sudah ada.

"Jadi yang lama (Ertiga lama) ada ABS dan EBD. Sekarang ditambahkan ada TCS (Torque Control System), ESP sendiri, juga Hill Hold Control," ujar Totok.

All New Ertiga ditawarkan dalam tiga varian yakni GA, GL dan GX sebagai yang tertinggi. Untuk GX selain pilihan ESP dan non ESP juga ada versi transmisi manual dan otomatis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com