Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Nasib Esemka, Begini Jawaban Presiden Jokowi

Kompas.com - 19/04/2018, 13:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mendapat pertanyaan seputar nasib mobil Esemka saat ini. Pertanyaan dilontarkan para pewarta saat Jokowi datang ke pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Menurut Jokowi, sebuah produk harus melalui tahap riset dan uji coba sebelum masuk ke industri. Jokowi menilai, proses tersebut tidak memakan waktu yang sebentar.

Baca juga: Jokowi Minta Mobil Perdesaan Segera Produksi

"Nanti dilihat apakah Esemka bisa masuk ke industri apa tidak. Bisa masuk ke industri, tetapi bisa dipasarkan atau tidak, nanti kita lihat," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo menghadiri ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). KOMPAS.com/Ihsanuddin Presiden Joko Widodo menghadiri ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Jokowi menyatakan, pemerintah saat ini tengah mempercepat penyusunan peraturan terbaru yang berkaitan dengan industri otomotif ini. Ia berharap peraturan terbaru yang ada nantinya bisa mendorong berkembangnya produsen lokal, seperti Esemka.

"Regulasi-regulasi yang ada kita sederhanakan. Urusan yang berkaitan dengan uji layak, uji emisi harus dipercepat," ucap Jokowi.

Esemka adalah merek mobil lokal yang sering dikait-kaitkan dengan Jokowi. Sebab, semasa masih jadi Wali Kota Solo, Jokowi pernah menggunakan Esemka sebagai mobil dinasnya.

Baca juga: Jokowi, Presiden Multi Moda Otomotif

Namun, seiring berjalannya waktu, nama Esemka perlahan menghilang dan hanya muncul sesekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com