Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi, Presiden Multi Moda Otomotif

Kompas.com - 19/04/2018, 11:41 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri otomotif beruntung memiliki Presiden Indonesia seperti Joko Widodo (Jokowi) yang dalam berbagai kesempatan selalu mempromosikan industri otomotif.

“Beliau adalah satu-satunya presiden yang mengendarai multi moda otomotif. Pertama kali dalam sejarah kita melihat truk nomor pelatnya RI 1, motor RI 1, terakhir motor kustom juga RI 1,” ucap Airlangga dalam sambutannya di pembukaan Indonesia International Motor Show, di Jakarta, Kamis (18/4/2018).

Pada akhir Maret lalu, Jokowi sempat terlihat menumpangi truk Mitsubishi Fuso Super HDX saat meresmikan jalan Tol Ngawi-Kertosono, seksi Ngawi-Wilangan, di Madiun, Jawa Timur. Setelah itu pada awal April Jokowi touring  ke Sukabumi menggunakan motor kustom Royal Enfield yang dibelinya seharga Rp 140 juta.

Presiden Joko Widodo menaiki salah satu sepeda motor Honda CB 125 lawas yang dipamerkan di stan Increase saat berlangsungnya hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Motor yang dimodifikasi bergaya caferacer merupakan milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.Kompas.com/Alsadad Rudi Presiden Joko Widodo menaiki salah satu sepeda motor Honda CB 125 lawas yang dipamerkan di stan Increase saat berlangsungnya hari pertama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4/2018). Motor yang dimodifikasi bergaya caferacer merupakan milik putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming.

Beberapa hari setelah touring, Jokowi berkunjung ke Papua dan terlihat menggunakan skuter listrik Wim Motor Zero 8i.

Baca: Jokowi Prediksi "Ciutnya" Otomotif Nasional

Dukungan atas otomotif Indonesia juga terasa dari keputusan Jokowi meresmikan pembukaan IIMS 2018. Dalam sambutannya di pembukaan Jokowi mengatakan kemajuan teknologi akan mengubah industri otomotif, namun bukan berarti industri akan menciut melainkan berkembang.

Presiden Joko Widodo berkeliling di lokasi pameran IIMS 2018, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018), bersama CEO Kompas Gramedia Liliek Oetama (di belakangnya), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (menyetir), dan Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung.KOMPAS.com/GHULAM M NAYAZRI Presiden Joko Widodo berkeliling di lokasi pameran IIMS 2018, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (19/4/2018), bersama CEO Kompas Gramedia Liliek Oetama (di belakangnya), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (menyetir), dan Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung.

“Jadi bagi para industriawan otomotif jangan khawatir karena hatinya pak presiden ada di industri ini,” ucap Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com