Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragu dengan Meteran SPBU, Langsung Lakukan Ini

Kompas.com - 26/03/2018, 15:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Viralnya video soal meteran dispenser SPBU Pertamina 34-13501 di Jalan Condet Raya Jakarta Timur yang “ngawur”, ini bisa pelajaran juga buat para pemilik kendaraan lain. Ke depannya, semua perlu juga ikut mengawasi, ketika mobil sedang diisi BBM.

Tak sekali dua kali, tragedi yang diduga sebagai sebuah kecurangan SPBU juga sempat terjadi beberapa waktu lalu, seperti di Bungur Besar Raya Kemayoran, lalu di SPBU Veteran, Rempoa dan beberapa lokasi lainnya.

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan memberikan sarannya buat para pemilik kendaraan, ketika ragu akan hitung-hitungan meteran SPBU. Dirinya menyebut, jangan sungkan untuk meminta pembuktian langsung lewat bejana ukur.

Baca juga : Ajaib, Kapasitas Tangki Nissan Serena Jadi 78 Liter di SPBU Ini

“Kalau konsumen misalnya tidak merasa puas atau ragu, bisa minta klarifikasi langsung di tempat, dan bila perlu melakukan pengukuran dengan bejana ukur,” tutur Anjar kepada Kompas.com, Senin (26/3/2018).

Baca juga : Ini Satu-satunya Cara Pengujian Takaran Bensin yang Benar

“Karena memang tangki kendaran itu tak menjadi alat akur, kalau bicara bisa lihat bejana. Seharusnya SPBU memiliki atau menyiapkan bejana ukur yang sama-sama bisa kita lihat. Setahu saya, Pertamina berani menjamin meteran mereka,” tutur Anjar.

Hal serupa juga ternyata sudah disebutkan pihak Pertamina melalui akun resminya di twitter @pertamina. Mereka menyebutkan kalau sekiranya ada keluhan terhadap takaran BBM, bisa meminta dilakukan pengecekan dengan “bejana ukur”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com