Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebarkan Etika Berlalu Lintas ke Anak Sekolah

Kompas.com - 18/03/2018, 15:01 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Memberikan edukasi tata tertib dan etika berlalu lintas harus dimulai dari bawah. Seperti yang dilakukan tim Safety Riding Promotion Wahana (SRP), menyebarkan ke sekolah dasar dan taman kanak-kanak.

Dalam melakukan kegiatan ini, tim SRP menggandeng Dinas Perhubungan serta Dikyasa Polres Tangerang Selatan untuk ikut mengedukasi anak–anak.

Berbeda dengan kampanye safety riding yang dilakukan pada SMA, komunitas, dan korporat, edukasi pada anak–anak dibuat unik karena untuk dapatkan perhatian. Cara yangt digunakan, yaitu dengan gaya bermain, tim safety riding dan kepolisian memberikan edukasi tentang etika berlalu lintas dihadapan puluhan anak.

Kegiatan blusukan yang dilakukan sejak 12 hingga 15 Maret 2018 ini berjalan di beberapa sekolah seperti TK Al Fath, TKI Raudhah, SDN Buntu 01, SDN Ciater 01, SDN Setu, dan SD Fadillah, semuanya berada di wilayah Tangerang Selatan.

Baca juga: Begini Ciri Keselamatan Berkendara di Negara Berkembang

"Tidak hanya di sekolah atau rumah, kami ingatkan lalu lintas juga punya etika yang perlu di jalankan," ujar Head of SRP Wahana Agus Sani dalam siaran resmi, Minggu (18/3/2018).

Sementara itu, penanaman pemahaman tentang pentingnya berlaku sopan dan aman di jalan merupakan tujuan besar yang ingin dicapai.

"Kami harap semua lapisan masyarakat dapat contohkan berlalu lintas yang aman dan beretika. Paling tidak orang tua yang biasa mengajak anak berkendara motor dapat berprilaku dan penjelasan tentang berkendara yang aman bagi diri sendiri atau pengguna jalan lainnya," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com