Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Handling dan Kabin Kedap New Yaris Diklaim Makin Membaik

Kompas.com - 21/02/2018, 14:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Penantang Honda Jazz, New Yaris resmi mengaspal dengan ubahan big minor change pada bagian eksterior, dan banjir fitur berteknologi. Bahkan demi menambah kesan sporty, ada paddle shift di belakng kemudinya.

Namun tak hanya itu, mengejar konsep fun to drive pada model New Yaris, Toyota mengaku berimprovisasi pada produk hatchback-nya. Bukan hanya soal embel-embel fitur yang lengkap dan berteknologi tinggi, tapi juga soal handling salah satunya.

“Perbaikan paling berpengaruh adalah di handling stability. Pasalnya kami tahu betul kalau mobil ini membidik anak muda, di mana pada saat mereka merasakan mobil, mereka akan merasa nyaman, agile dan handling stability-nya bagus, “ ujar Tommy Hermansyah Product Knowledge Toyota Astra Motor (TAM), Selasa (20/2/2018).

Tommy menuturkan, ada bagian tertentu yang mendapat sentuhan lebih seperti pada kaki-kaki, kemudian di bagian rangka body, di mana sasis sedikit direvisi sehingga mobil lebih enak dan fun to drive.

Baca juga : Cara Toyota Dorong Yaris Facelift Capai Target Jualan

Toyota New Yaris 2018.KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRI Toyota New Yaris 2018.

“Soal titik mana yang diubah cukup banya, saya coba ringkas saja, paling penting adalah cross bar depan, atau kami sebutnya bracket di antara sisi kanan dan kiri bagian bawah dasbor. Kami tebalkan dudukannya agar lebih gigit,” kata Tommy.

“Kemudian ada penambahan spot welding (titik las). Jadi kalau pada struktur mobil banyak pelat-pelat yang dipasang berlapis-lapis, di mana spot welding-nya kami tambahkan, agar gesekan dan goyangnya mobil lebih rendah,” kata Tommy.

Namun, Tommy tak memberikan informasi berapa persen penambahan spot welding sendiri pada tubuh New Yaris. Namun dirinya menyebut, engineer pabrikan sudah menetapkan proporsinya di mana disetel tidak teralu keras dan tetap enak dikendarai.

Lalu perbaikan juga dilakukan pada under body, dengan menambahkan empat pengait dari sebelumnya hanya dua pengait. Selanjutnya suspensi yang secara spek sama, hanya saja setelannya dibedakan.

Yaris Facelift 2018.KOMPAS.com/GHULAM M NAYAZRI Yaris Facelift 2018.

“Tak dipungkiri kalau kami teralu fokus ke handling stabiliy, kadang mobil malah jadi terlalu keras, apalagi jalanan di Indonesia tidak mulus banget. Karena itu suspensi kami tetap buat nyaman, di-tunning kembali,” kataTommy.

Perbaikan positif lain yang cukup terasa signifikan kata Tommy, adalah soal kekedapan di dalam kabin. Konsumen juga sebelumnya berharap kalau Yaris terbaru, punya kesenyapan yang lebih baik dari sebelumnya.

“Kami dapat feedback itu, customer ingin banget kekedapanya bagus, karena menurut mereka kalau mobil kedap mereka merasa tenang di mobil, peace of mind. Mengejar itu, kami tambahkan insulation antara kabin ke mesin, kemudian juga absorber di beberapa titik, yang bukan hanya membatasi tapi juga bisa menyerap suara,” kata Tommy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com